Buruan Daftar, Kampus Vokasi Kementerian ESDM Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

Oleh Liputan6.com pada 09 Mar 2021, 14:50 WIB
Diperbarui 09 Mar 2021, 14:50 WIB
PGN Realisasikan Implementasi Harga Gas Industri Tertentu USD 6/MMBTU
Perbesar
Doc. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka kesempatan bagi para lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat untuk belajar menekuni sektor energi dan sumber daya mineral di Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu dan Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung.

Pembukaan masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2021/2022 bertujuan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dengan kualifikasi dan kompetensi mumpuni di bidang ESDM.

"Kami harap lulusan sekolah vokasi ESDM nantinya mampu mengisi kekosongan akan kebutuhan industri sektor ESDM," ungkap Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi seperti dikutip, Senin (9/3/2021).

Agung menekankan komitmen Kementerian ESDM turut berpartisipasi dalam pengembangan SDM sebagai tujuan pembanguan nasional. "Apalagi ini sudah jadi perhatian Bapak Presiden Joko Widodo dan arahan Menteri ESDM agar pendidikan vokasi menempati posisi penting dalam strategi pengembangan SDM," sambungnya.

Tahun ini, PEP Bandung kembali membuka tiga program studi yaitu D3 Program Studi Teknologi Geologi, D3 Program Studi Teknologi Pertambangan, dan D3 Program Studi Teknologi Metalurgi.

Sementara PEM Akamigas memiliki total lima program studi yang terdiri dari Teknik Pengolahan Migas, Teknik Produksi Migas, Teknik Instrumentasi Kilang, Teknik Mesin Kilang dan Logistik Migas.

Proses seleksi pada PEP Bandung dimulai sejak tanggal 8 Maret 2021 melalui website www.pepbandung.ac.id atau di 082219995001 (WhatsApp) dengan skema jalur umum melalui prestasi akademik, jalur umum melalui UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), jalur umum melalui TPIU (Tes Potensi Intelektual Umum) dan jalur kerja sama (industri dan pemda).

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Tanggan Seleksi

20151028-PGN Siap Salurkan Gas Ke Sektor Industri
Perbesar
Petugas mengecek instalasi pipa metering regulating station PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) di PT Lion Metal Works di Jakarta, (28/10/2015). PGN berkomitmen memperluas pemanfaatan gas bumi di sektor Industri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Adapun PEM Akamigas mulai membuka seleksi pada 22 Maret 2021 melalui skema jalur umum dan jalur kerja sama. Untuk alur pendaftaran lebih detail bisa dilihat di laman resmi www.pmb.akamigas.ac.id atau bisa juga menghubungi 0296421897 atau 081328409481/79 (WhastApp)

Kementerian ESSM berupaya memberikan kualitas terbaik dengan pembelajaran dan fasilitas yang up to date dengan dunia pertambangan migas dan mineral.

Sistem pendidikan di kedua kampus tersebut terus ditingkatkan untuk memenuhi standar kualitas pendidikan vokasi yang berbasis 80 persen praktik dan 20 persen teori.

"Kami harap mahasiswa lebih memahami ruang-lingkup pekerjaan di dunia nyata bidang migas, geologi, maupun pertambangan sehingga sesuai dengan yang diharapkan perusahaan," tegas Agung.

Selain itu, kedua kampus mempunyai kelebihan kurikulum, yaitu magang selama satu tahun dan sertifikasi sesuai program studi. Kementerian ESDM pun terus mendorong kedua kampus tersebut menjadi perguruan tinggi bergengsi (presticious) di tingkat nasional maupun internasional.

"Kami berharap putra/putri bangsa yang tertarik tidak menyia-nyiakan kesempatan ini," tutup Agung.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓