Sukses

Di Tengah Pandemi Covid-19, Allianz Indonesia Mampu Bukukan Kinerja Positif

Smartlink Rupiah Fixed Income Fund mengalami pertumbuhan 12,18 persen dengan total Asset Under Management (AUM) sebesar Rp 1,8 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Asuransi Allianz Indonesia melaporkan kinerja selama 2020 mulai dari reksa dana atau fund baik yang konvensional, dolar AS dan syariah.

Head of Investment Communication and Fund Allianz Indonesia Meta Lakhsmi Permata Dewi mengatakan, sebagai besar, reksa dana di Allianz mengalami kenaikan yang cukup signifikan terlepas dari adanya pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

"Untuk fund dengan underlying obligasi ini memberikan return yang lebih positif dibanding equity," ujar Meta dalam konferensi pers Allianz, Selasa (9/3/2021).

Meta melanjutkan, di fund konvensional, Smartlink Rupiah Fixed Income Fund mengalami pertumbuhan 12,18 persen dengan total Asset Under Management (AUM) sebesar Rp 1,8 triliun.

Smartlink Rupiah Balanced Fund tumbuh 6,62 persen dengan AUM Rp 2 triliun, lalu Smartlink Rupiah Money Market Fund tumbuh 3,66 persen dengan AUM Rp 617 miliar.

Kemudian untuk Smartlink Rupiah Balanced Plus Fund tumbuh 0,56 persen dengan AUM Rp 534 miliar.

Tetapi ada juga fund mengalami penurunan kinerja yaitu Smartlink Rupiah Equity Fund yaitu -5,09 persen, meski AUMnya tertinggi yaitu Rp 10,2 triliun.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fund Dolar

Meta melanjutkan, untuk fund berdenominasi dolar, kinerjanya mengikuti pertumbuhan negara yang bersangkutan.

"Beberapa negara melewati recovery lebih dulu sehingga terlihat fund yang fokus di Asia Pasifik, All China dan Amerika Returnnya lebih tinggi. Ini sejalan dengan kinerja masing-masing negara," katanya.

Untuk fund Smartlink Dollar Managed Fund, pertumbuhannya mencapai 7,95 persen dengan AUM USD 78 juta. SmartWealth Dollar Asia Pacific Fund tumbuh 36,86 persen dengan AUM 99,58 juta, SmartWealth Dollar Equity All China tumbuh 32,12 persen dengan AUM 99,42 juta dan SmartWealth Dollar Multi Asset Fund tumbuh 18,56 persen dengan AUM 26,7 juta.

"Lalu untuk fund syariah ini juga semakin banyak diminati, untuk Fixed Income Fund ini naik 11,84 persen, sementara Balanced Fund turun -0,28 persen dan Equity Fund turun -3,83 persen," jelas Meta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.