Sukses

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Ditutup, Apa Tahapan Selanjutnya?

Tahapan keenam yaitu mengenai insentif pasca pelatihan. Peserta akan mendapatkan insentif Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran peserta Program Kartu Prakerja gelombang 13 telah ditutup pada Minggu (7/3/2021). Lantas apa tahapan selanjutnya setelah pendaftaran dilakukan?

Mengutip keterangan di laman www.prakerja.go.id, program Kartu Prakerja memiliki tujuh tahapan.

Pertama, masuk ke situs prakerja.go.id dan buat akun dengan data diri. Tahapan kedua, calon peserta mengikuti proses seleksi. Pada tahapan ini, peserta harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa bergabung ke gelombang pendaftaran dan menunggu pengumuman hasilnya.

Setelah itu, peserta sampai ke tahapan pilih pelatihan. Dalam hal ini, peserta memilih pelatihan di mitra platform digital resmi, dan bayar dengan Kartu Prakerja.

Mitra platform digital Kartu Prakerja yang tercantum di situs resminya adalah Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Bukalapak, Pintaria, Pijar, Mau Belajar Apa, dan Sekolah.mu.

Selanjutnya, peserta mengikuti pelatihan. Dalam tahap keempat ini, peserta harus menyelesaikan pelatihan online dan mendapatkan sertifikat elektronik.

"Tahapan kelima adalah memberi ulasan dan rating. Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan kamu," demikian keterangan di laman prakerja.go.id.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Insentif

Tahapan keenam yaitu mengenai insentif pasca pelatihan. Peserta akan mendapatkan insentif Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Insentif ini bisa didapatkan setelah menyelesaikan pelatihan.

Tahapan terakhir yaitu insentif pasca survei kebekerjaan. Peserta mengisi survei yang diberikan pasca pelatihan untuk bisa mendapatkan insentif Rp 50 ribu untuk setiap survei.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya, yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Pendaftaran peserta untuk Program Kartu Prakerja gelombang 13 sudah ditutup pada Minggu siang (7/3/2021) pukul 12.00 WIB. Kuota pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang ini masih sama dengan sebelumnya yaitu 600 ribu orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.