Sukses

PLN Diharapkan Terapkan Teknologi dalam Penyediaan Listrik

Pemerintah bersama PLN berupaya keras untuk meningkatkan bauran energi dari Energi Baru dan Terbarukan sebesar 23 persen di tahun 2025.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berharap PT PLN (Persero) untuk meningkatkan penggunaan teknologi penyediaan dan pemanfaatan tenaga listrik di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana dalam Bedah Buku “75 Tahun PLN Menerangi Negeri” yang diselenggarakan oleh PLN.

“Salah satunya dengan terus mendorong penggunaan jaringan cerdas,” jelas Rida dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/3/2021).

Di usia PLN yang sudah 75 tahun menerangi negeri, tantangan yang dihadapi PLN tidaklah mudah. Telah banyak kisah para jajaran PLN berikut dengan tantangan dan solusi serta inovasi yang dilakukan. Hal ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pembelajaran di masa mendatang sehingga para calon pemimpin di PLN dapat mengambil hikmah yang positif.

“Semua yang dilakukan oleh PLN sebelumnya diharapkan dapat menginspirasi dalam menyediakan energi listrik kepada masyarakat secara merata, dengan kualitas baik dan harga terjangkau” ujar Rida.

Pemerintah bersama PLN berupaya keras untuk meningkatkan bauran energi dari Energi Baru dan Terbarukan sebesar 23 persen di tahun 2025. PLN juga dituntut untuk tetap efisien di segala lini agar tarif listrik masyarakat tetap terjangkau.

Ketersediaan energi listrik hingga ke pelosok dan kawasan-kawasan strategis sangat dibutuhkan untuk pemerataan pembangunan dan mewujudkan keadilan sosial. Selain itu, PLN juga diharapkan aktif mendukung program pemerintah, yaitu percepatan infrastruktur Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk mengurangi impor BBM.

Saat ini pemerintah bersama PLN masih dihadapkan pada tantangan untuk mencapai 100 persen rasio elektrifikasi dan listrik menyala 24 jam di seluruh pelosok negeri. Ini merupakan tantangan yang harus segera dijawab oleh jajaran PT PLN (Persero).

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadirkan Terang

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini menyampaikan bahwa perjalanan PLN dalam menghadirkan terang di Indonesia sudah setua umur Republik Indonesia, hal ini menandai perjalanan penting PLN yaitu pilar pada masa-masa awal berdirinya negara.

“Sepanjang 75 tahun tersebut ada banyak dinamika, pengalaman, pelajaran dan tentunya membuahkan hasil yang dicapai. Buku ini akan menjadi catatan untuk generasi PLN masa depan dan untuk seluruh generasi masa datang yang akan meneruskan perjuangan,” ucap Zulkifli.

Ia juga menceritakan betapa tidak mudahnya menghadirkan listrik di Indonesia. Namun dalam ketidakmudahkan tersebut, PLN terus berjuang. Menurutnya, buku yang diluncurkan ini akan menjadi pengingat perjuangan PLN pada tiap jejak waktu yang telah dilewati dan akan menjadi penyemangat PLN untuk terus berupaya melistriki Indonesia.

“Sekali lagi kami mengapresiasi acara Bedah Buku “75 Tahun PLN Menerangi Negeri”. Semoga acara ini memberikan manfaat khususnya untuk menjawab berbagai tantangan di masa yang akan datang,” tutup Rida.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN

  • Kementerian ESDM adalah Kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang bergerak di bidang energi, dan sumber daya mineral.

    Kementerian ESDM

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik