Sukses

Kemenperin Gelar Kompetisi IGDS, Masa Pendaftaran hingga 31 Mei 2021

Kementerian Perindustrian kembali menggelar kompetisi Indonesia Good Design Selection (IGDS) yang pada tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-18 kali.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar kompetisi Indonesia Good Design Selection () yang pada tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-18 kali.

IGDS merupakan penghargaan tertinggi untuk desain produk industri terbaik yang diberikan pemerintah kepada desainer produk industri dan perusahaan industi Indonesia.

“IGDS telah melalui perjalanan panjang dalam menghadirkan kekayaan desain produk industri Indonesia. Ajang ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2001 hingga terakhir pada 2020 yang pada tanggal 10 Desember 2020 dianugerahkan oleh Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Kamis (4/3/2021).

Pada Peluncuran IGDS 2021, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, desain produk memberikan nilai tambah yang signifikan pada produk itu sendiri. Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri sangatlah besar.

“Nilai tersebut tercatat mencapai USD45,38 miliar pada tahun 2019 dan diproyeksi akan mencapai USD65,41 miliar pada akhir tahun 2026, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,3 persen selama tahun 2021-2026,” ungkapnya.

Fakta tersebut menunjukkan besarnya peluang di sektor desain industri yang dapat terus dimaksimalkan, sehingga perlu dibutuhkan kolaborasi yang tepat di antara pemerintah, desainer, pelaku bisnis dan industri.

Kali ini, Ditjen IKMA Kemenperin menggandeng enam asosiasi desain Indonesia, yaitu Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI), Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia (AIDIA), Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) dan Federasi Pengemasan Indonesia (IPF). Upaya kerja sama ini untuk memberikan nilai tambah peningkatan daya saing produk industri nasional.

Kompetisi IGDS tahun 2021 mengusung tema Produk Indonesia Berkarakter yang diharapkan mampu mencerminkan karakter positif berbagai jenis Industri di Indonesia. IGDS 2021 diharapkan dapat lebih mendorong peningkatan kualitas dan manfaat produk untuk masyarakat dan mampu mengangkat nilai-nilai budaya lokal yang diterima oleh pasar domestik dan global sebagai solusi berkelanjutan.

“Penghargaan IGDS memiliki dua kategori penghargaan. Pertama, IGDS Design Product yang diberikan untuk desain produk industri berkualitas baik, baik yang telah maupun masih diproduksi atau dipasarkan. Berikutnya, IGDS Design Concept, yaitu penghargaan yang diberikan atas konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk prototype atau sampel produk,” jelas Gati.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Jenis Penghargaan

IGDS 2021 akan menghadirkan lima jenis penghargaan, yaitu Good Design, yang akan diberikan kepada produk yang memenuhi kriteria good design, kemudian Best 20 yang bakal diberikan kepada 20 produk terbaik, People's Choice diberikan kepada satu produk yang dipilih langsung oleh masyarakat umum, Best 3 yang diberikan kepada tiga produk terbaik, dan Grand Award sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada satu produk terbaik.

“Desainer terbaik berkesempatan memenangkan sertifikat, trofi, penggunaan logo IGDS, uang pembinaan, serta pembinaan produk,” sebut Gati.

Peserta IGDS tiap tahunnya terus meningkat, setidaknya dalam lima tahun terakhir pelaksanaannya. Dari 99 produk pada tahun 2016, menjadi 243 produk pada 2017, kemudian hingga 333 produk pada 2019, dan sebanyak 386 produk pada 2020.

“Pelaksanaan IGDS tahun 2021 ini diharapkan terus menggali potensi terpendam dari para desainer, pelaku industri dan mahasiswa agar membangkitkan energi baru dan dapat melahirkan produk yang tidak hanya memiliki nilai estetis dan berkarakter, namun juga mendatangkan manfaat ekonomi dunia industri agar terus maju hingga menembus pasar internasional dan mengharumkan nama Indonesia,” imbuhnya.

Pendaftaran IGDS 2021 mulai berlangsung pada 4 Maret 2021 hingga 31 Mei 2021 di laman igds.kemenperin.go.id. Rangkaian IGDS 2021 akan dilanjutkan dengan Sosialisasi, Seleksi Administratif, Penjurian Tahap I, Penjurian Tahap II, Penjurian Tahap III dan puncak acara yaitu Penganugerahan Penghargaan IGDS 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kemenperin atau Kementerian Perindustrian adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian.

    kemenperin

  • industri