Sukses

Sandiaga Uno soal Pariwisata Indonesia: Ada Pelangi di Ujung Badai

Sandiaga Salahuddin Uno, mengaku optimis dalam 10 tahun kedepan Indonesia bisa menjadi destinasi wisata utama di asia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, mengaku optimis dalam 10 tahun kedepan Indonesia bisa menjadi destinasi wisata utama di asia.

“Saya optimis dalam 10 tahun ke depan kita akan mencapai keunggulan pariwisata domestik dan internasional dan menjadi destinasi wisata pilihan di Asia. Tahun 2021 tahun pemulihan kita awali kebangkitan, kita gerak cepat untuk bangkit bersama,” kata Menparekraf, dalam Webinar Membangkitkan Optimisme Industri Pariwisata Nusantara FORWADA, Kamis (4/3/2021).

Sandiaga Uno melihat, 2021 ini tren pemulihan sudah berlanjut. Untuk sektor pariwisata dan lapangan kerja diharapkan bisa tumbuh 3-4 persen dan ekonomi kreatif tumbuh 2-3 persen.

“Nah, kita harus  gerak biar cepat nih guys untuk merestartegi dan juga membangun pondasi untuk kebangkitan sektor pariwisata kita,” ujarnya.

Sektor Parekraf memang merupakan salah satu sektor yang paling terdampak. Menurutnya, sejauh ini pariwisata sudah bertahan dan berbenah di 2020. Namun, menurutnya, semakin tinggi ujian, maka semakin besar juga hasilnya. Ia optimis Indonesia mampu melalui kondisi Covid-19 ini.

“Potret kita sekarang nih, sedih deh. Potret kita ini memang lagi betul-betul prihatin guys, kita bisa berdoa kepada Allah supaya kita segera terbebas dari pandemi. Karena sektor yang paling terdampak ya kami,” ungkap Menparekraf.

Hal itu terlihat dari kunjungan wisatawan mancanegara yang jeblok. Pada 2019 ke 2020 kunjungan wisatawan asing turunnya hampir 75 persen. Sedangkan wisata nusantara turun 30 persen. Akibatnya, hampir 1,58 juta pekerjaan terdampak pandemi Covid-19.

“Tapi kami yakin badai indusri pariwisata pasti berlalu, kayak judul lagu ya, badai pasti berlalu setelah kita menahan badai biasanya ada pelangi di penghujung badai. Dan jika semua sektor terdampak, tahapan kritikal ini justru ada di tahap pemulihan,” pungkas Sandiaga Uno.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Stategi Baru Pemerintah Pasarkan Destinasi Wisata Indonesia

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebut sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19 cukup parah. Ini lantaran beberapa sektor pariwisata banyak yang ditutup dan dibatasi.

Kendati begitu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan Kemenparekraf terus berupaya menjadikan Indonesia sebagai destinasi wisata utama di Asia Pasifik, dengan meningkatkan dan membangun strategi pemasaran yang lebih baik lagi.

“Tentunya ingin menjadikan Indonesia sebagai destinasi utama di Asia Pasifik. Bagaimana caranya? kita melalui quality tourism yang berkualitas, artinya mengejar orang yang tinggalnya lebih lama sehingga spendingnya lebih besar dan dari sisi destinasinya super prioritas,” kata Nia dalam Webinar Membangkitkan Optimisme Industri Pariwisata Nusantara – FORWADA, Kamis (4/3/2021).

Lebih lanjut Nia menjelaskan ada tahapan-tahapan dalam melakukan pemasaran. Pertama adalah building confidence and gaining trust. Ini adalah membangun kepercayaan dari sisi industrinya bahwa Indonesia siap menghadapi new normal dan juga membangun kepercayaan dari market.

“Karena dengan trend sekarang itu bukan destinasinya cukup menarik atau tidak, tetapi poin yang utama bagaimana protokol kesehatan di situ,” ujarnya.

Kini terjadi perubahan pola wisatawan, misalnya wisatawan sekarang tidak berwisata ke tempat-tempat yang ramai karena mengkhawatirkan kondisinya. Mereka lebih banyak mencari tempat yang menerapkan protokol kesehatan dan berorientasi alam terbuka serta adventure.

Bahkan dari sisi penerbanganpun sebagian orang lebih suka direct flight. Atau menyewa sendiri pesawat khusus keluarga yang tidak bercampur dengan penumpang lain.

Tahap kedua adalah soft selling. Setelah memulihkan kepercayaan pasar, Kemenparekraf akan melihat data-data dari sosial media, foto-foto asing yang tersebar di dunia maya, serta dari mitra-mitra Kemenparekraf di luar negeri untuk mencari tahu persepsi mereka terkait pariwisata Indonesia.

Setelah persepsi pasar terkait Indonesia bagus, maka Kemenparekraf akan mulai soft selling dan sekaligus menerapkan tahap ketiga yakni hard selling.

“Memang pemasaran pariwisata sangat tergantung kepada penanganan covid-19, karena ini persoalan persepsi. Kemudian bicara pemasaran secara hukum regulasi kita ada pengembangan pasarnya, pengembangan citra, mitra dan promosinya,” ujarnya.

Lantaran, Key Performance Index (KPI) kita diukur dari pergerakan wisatawan Nusantara/domestik dan wisatawan mancanegara, dan brand recall index, Untuk mengetahui seberapa tahu orang mengenai brand kita “Wonderful Indonesia”.

“Kita memang harus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Seperti sekarang ini sebetulnya kita sudah melakukan kolaborasi dalam rangka membangun persepsi bahwa Indonesia sudah siap dengan new normal memang tantangannya menegakkan protokol,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.