Sukses

Perhatikan Ini Sebelum Anda Investasi Reksa Dana

Pandemi membuat sebagian orang memutar otak agar tidak boros dan mampu mengamankan finansial untuk masa depan. Salah satu caranya ialah dengan berinvestasi.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi membuat sebagian orang memutar otak agar tidak boros dan mampu mengamankan finansial untuk masa depan. Salah satu caranya ialah dengan berinvestasi.

Kini, produk yang tengah naik daun adalah reksa dana. Produk investasi itu dinilai memiliki risiko yang kecil. Apalagi reksa dana tidak perlu mengelontorkan dana yang banyak. Namun demikian, kamu perlu cermat saat mengikuti reksa dana. Berikut beberapa tips bagi pemula yang ingin memulai reksa dana.

Investasi aman

Reksa Dana merupakan produk investasi yang terjamin keberadaannya. Pasalnya, investasi itu dilindungi pemerintah lewat UU Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995.

Selain itu, Reksa Dana dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke dalam berbagai portofolio investasi berdasarkan pertimbangan investor. Aktivitasnya sebagai investasi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, investasi kamu akan aman.

Investasi bersama Ahli

Biasanya dalam investasi kamu akan disibukan dengan penghitungan yang rumit. Namun, investasi Reksa Dana kamu akan dibantu oleh manajer investasi. Ia adalah orang-orang ahli dan profesional di bidang keuangan dan investasi.

Tak hanya itu, manajer investasi juga dapat mengambil keputusan atas nama investor tentang kapan saham akan dijual atau kapan sebuah obligasi dilepas. Jadi, kamu akan sangat terbantukan oleh orang yang profesional.

Risiko minim

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa reksa dana memiki risiko yang minim. Bisa dibilang investasi ini minim risiko. Pasalnya, isi asetnya berupa instrumen pasar uang. Konsekuensinya, investor akan sulit mendapatkan keuntungan besar dari investasinya tetapi pergerakannya stabil. Intinya, reksadana dapat menjawab segala karakteristik yang dimiliki oleh investor sesuai dengan tingkat toleransinya terhadap risiko.

Transparan

Saat berinvestasi Reksa Dana kamu akan dibekali oleh buku petunjuk. Nah, buku itu disebut prospektus yang akan memberikan informasi lengkap dan transparan mengenai produk reksadana yang ditawarkan.

Pada buku itu juga kamu bisa mengetahui status legal reksadana, rekam jejak manajer investasi, metode perhitungan hasil investasi, jumlah kas, biaya-biaya yang dibebankan, kinerja dan risiko reksadana, serta kebijakan investasi lainnya.

Fleksibel

Satu lagi alasan kenapa investasi ini cocok bagi pemula ialah modal awal investasi sedikit. Pasalnya, uang tersebut akan digabungkan dengan uang orang lain yang kemudian dikelola bersama demi memperoleh keuntungan. 

Nah, kini banyak platfrom yang menyediakan untuk investasi Reksa Dana. Di sana, kamu bisa investasi hanya dengan uang Rp 10 ribu. Selain itu, memulai investasi reksa dana die-Commerce banyak untungnya.

Coba deh!

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini