Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Ditutup

Oleh Tira Santia pada 26 Feb 2021, 18:50 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 18:59 WIB
Situs Kartu Prakerja.
Perbesar
Situs Kartu Prakerja.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja, resmi menutup pendaftaran program kartu prakerja gelombang 12 pada hari ini, Jumat 26 Februari 2021, pukul 12.00 WIB. Bagi peserta yang belum mendaftar bisa menunggu gelombang ke-13 nanti.

“Kartu prakerja gelombang 12 dengan volumenya 600 ribu orang, ketika ditutup hari ini pendaftarannya sudah sangat banyak. Jadi kami sudah tutup jam 12.00 WIB siang tadi,” kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, dalam Bincang Sore Direktur Eksekutif dengan Media, Jumat (26/2/2021).

Saat ini pihaknya sedang melakukan seleksi terkait NIK, apakah dari NIK pendaftar gelombang ke-12 itu ada dari kelompok yang dilarang menerima program kartu prakerja, seperti Pejabat Negara Pimpinan dan Anggota DPRD ASN, TNI, POLRI, Kepala Desa dan perangkat desa Direksi.

Lalu yang dilarang itu, komisaris dan Dewan Pengawas BUMN atau BUMD, penerima bansos Kemensos,  serta penerima BSU Kemnaker/BP Jamsostek.

“Sekarang kami sedang melakukan seleksi terhadap apakah NIK dari para pendaftar itu. apakah dia orang ketiga dari satu KK. karena ini menurut peraturan atau kebijakan yang digariskan oleh komite diminta untuk menerima kartu prakerja atas dasar pemerataan,” jelasnya.

Demikian, Denni menegaskan penerima kartu prakeja tidak berulang, tidak ada penerima kartu prakerja 2020 yang berjumlah 5,9 juta orang yang telah di SK kan menjadi penerima di tahun 2021.

Sehingga, bagi masyarakat yang belum berkesempatan mendapatkan program kartu prakerja jangan menyerah. Masih ada peluang digelombang selanjutnya. “Yang tidak lolos masih bisa daftar di gelombang 13,” pungkasnya.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Siap-Siap, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 13 Dibuka Awal Maret 2021

Kartu Prakerja
Perbesar
CfDS Fisipol UGM melakukan riset tentang Kartu Prakerja

Pemerintah akan kembali membuka seleksi Program Kartu Prakerja gelombang 13 pada pada pekan depan atau awal Maret 2021. Proses ini bersama dengan pengumuman hasil seleksi Kartu Prakerja gelombang 12 yang ditutup pada 26 Februari 2021.   

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, pemerintah tidak akan menunda-nunda pelaksanaan Kartu Prakerja. rencananya untuk gelombang 13 akan dibuka pada pekan depan. 

"Kita berusaha semaksimal mungkin minggu depan pengumuman tentang prakerja gelombang 12 dapat dilakukan. Kita berusaha semaksimal mungkin Selasa atau Rabu paling lambat semoga sudah bisa diumumkan. Gelombang 13 juga kita harap mungkin Selasa atau Rabu bisa dibuka," ujar Puspa, Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Puspa mengatakan, masyarakat tidak perlu risau menanti pengumuman hasil seleksi maupun pembukaan pendaftaran selanjutnya. Hal ini telah diatur agar tidak sampai menimbulkan kerisauan bagi masyarakat.

"Yang pasti teman-teman tidak perlu risau. Kita usaha semaksimal mungkin untuk kerja dengan cepat tidak menunda-nunda pekerjaan karena kita memahami kondisi di masyarakat yang butuh bantuan," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓