Sukses

Mendag Lutfi Minta Marketplace Tak Lagi Bakar Uang

Mendag ingin platform online tersebut menjadi sarana perdagangan yang adil dan bermanfaat bagi penjual maupun pembeli.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Lutfi meminta manajemen marketpalace untuk tidak lagi melakukan praktik bakar uang dalam menarik minat konsumen. Sebab, dia ingin platform online tersebut menjadi sarana perdagangan yang adil dan bermanfaat bagi penjual maupun pembeli.

"Kenapa itu tidak boleh (bakar uang)? karena gini di marketplace ini sekarang menjadi liar. Jadi, saya memastikan bahwa marketplace ini akan menjadi sarana perdagangan yang adil, yang baik, yang bermanfaat bagi penjual dan pembeli," ujar dia dalam konferensi pers virtual, Kamis (25/2/2021).

Mendag Lutfi menambahkan, praktik bakar uang yang saat ini kerap dilakukan oleh marketplace juga telah melanggar asas-asad perdagangan internasional. Menyusul timbulnya praktik perdagangan yang tidak sehat.

"Nah, ketika terjadi bakar-bakaran uang, dumping itu adalah transaksi yang tidak sehat. Dan kita akan mengikuti peraturan dunia dalam hal tersebut," terangnya.

Mendag bilang, praktik curang ini marak terjadi lantaran tidak ada kejelasan identitas penjual maupun pembeli. Walhasil, antara mereka sendiri tidak saling mengetahui identitas secara pasti saat melakukan transaksi.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbedaan

Hal ini berbeda dengan perdagangan antar negara, yang mana penjual dan pembeli dapat saling mengetahui identitas dengan jelas. Menyusul adanya aturan yang jelas termasuk kewajiban melampirkan negara asal.

"Kalau di dalam marketplace saya tidak melihat nih siapa orangnya. Tetapi karena tidak melihat orangnya, sepetinya pasar ini menjadi liar. Karena terjadi tuh yang namanya predatory pricing, jadi hajar-hajaran harga, kemudian mereka untung dimana, buang dimana, bakar duit," ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya berjanji akan bersikap tegas untuk melawan praktik curang tersebut. "Kementerian Perdagangan sebagai wasit akan memastikan kita juga marketplace menganut asas-asas daripada perdagangan yang adil, yang baik, yang membawa manfaat bagi penjual dan pembeli," ucap dia menekankan.

Sulaeman

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.