Bos Sido Muncul Bagi Resep Jadi Orang Kaya Bermodal Hoki

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 25 Feb 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 25 Feb 2021, 20:30 WIB
EGTC 2017
Perbesar
Direktur Marketing PT Sido Muncul Irwan Hidayat saat menjadi pembicara di EMTEK Goes To Campus (EGTC) 2017 di Universitas Airlangga, Surabaya, Kamis (14/9). Para pembicara bercerita pengalaman soal bisnis dan kunci sukses. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat tercatat sebagai orang terkaya Indonesia ke-17 versi Forbes pada 2020. Kekayaan Irwan pada tahun lalu meningkat 41 persen menjadi USD 1,55 miliar, atau sekitar Rp 21,8 triliun berkat penjualan obat herbal dan jamu di tengah pandemi Covid-19.

Namun demikian, cucu dari pendiri Sido Muncul ini coba merendah dengan mengaku kekayaan yang didapatnya hanya bermodalkan hoki semata.

"Hidup saya cuman berdasarkan feeling sama percaya sama hoki aja," kata Irwan dalam diskusi virtual Marketeers Hangout 2021, Kamis (25/2/2021).

Menurut dia, dirinya bisa jadi orang tajir karena hoki bisa menjalankan bisnis yang cocok dengan pasar Indonesia. Padahal, ia mengaku hanya kerja bolak-balik Semarang-Yogyakarta saja, tempat dimana kantor Sido Muncul berpusat.

"Karena saya ini sebagai penikmat usaha. Jadi saya bukan pengusaha saja, tapi penikmat usaha. Jadi hoki," ujar Irwan.

Irwan mengatakan, dirinya beserta adik-adik juga hanya meneruskan usaha dari neneknya yang telah berjualan jamu sejak era akhir Kolonial Belanda. Dia juga enggan berinvestasi untuk lini bisnis baru yang di luar perhitungannya.

"Coba kalau sekarang 5 tahun yang lalu saya bisnisnya misalnya investasi Rp 3-4 triliun, uangnya Rp 2,5 triliun, kurang Rp 1,5 triliun, utang. Ya sekarang bangkrut juga toh," tutur Irwan Hidayat.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Keberuntungan

Bos Sido Muncul
Perbesar
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengungkapkan alasannya gemar melakukan bakti sosial operasi katarak gratis (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Dia pun menyimpulkan, jika pencapaian yang diraihnya saat ini 90 persen di antaranya itu keberuntungan semata-mata.

"Ya kalau enggak beruntung ya mungkin 10 persen, atau sepersepuluhnya lah. Sepersepuluh udah enak saya hidupnya. Tiap hari mancing, jalan-jalan," pungkas Irwan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓