Sukses

Waspada Penipuan Berkedok Joki, Bayar Rp 20 Ribu Bisa Lolos Kartu Prakerja

Membludaknya antusiasme terhadap proses pendaftaran ini turut dibarengi dengan kemunculan joki Kartu Prakerja yang menawarkan kelulusan.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 12 kini tengah dibuka hingga 26 Februari 2021. Membludaknya antusiasme terhadap proses pendaftaran ini turut dibarengi dengan kemunculan joki Kartu Prakerja yang menawarkan kelulusan dengan iming-iming biaya.

Head of Communication Project Management Office (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, menjamin jika program Kartu Prakerja 100 persen bebas dari tindak perjokian. Dia mengatakan, calon peserta hanya akan terpilih jika mengikuti proses pendaftaran sesuai syarat.

"Memang benar, perekrutan hanya dilakukan melalui www.prakerja.go.id dan proses seleksi dilakukan melalui sistem," jelas Louisa kepada Liputan6.com, Kamis (25/2/2021).

Louisa menyatakan, jika ada jasa joki yang menjamin atau menjanjikan bahwa seseorang bisa lolos proses seleksi Kartu Prakerja, ia memastikan bahwa hal itu adalah penipuan.

"Proses seleksi di Kartu Prakerja dilakukan oleh sistem tanpa ada intervensi manusia. Masyarakat harap berhati-hati dan tidak tergoda dengan janji-janji para joki ini," imbuhnya.

"Kalau ada kasus penipuan oleh joki (Kartu Prakerja) maka masyarakat yang tertipu bisa melaporkan ke aparat hukum," kata Louisa.

Sebelumnya, seorang netizen bercerita kepada Liputan6.com bahwa dia telah ditawarkan jasa joki Kartu Prakerja oleh kontak WhatsApp bernama @jasa pra kerja. Dalam pesan tersebut, sang joki menawarkan kepesertaan Kartu Prakerja dengan penyertaan biaya administrasi.

"Hari kemarin ada yang chat ke saya nawarin itu dengan jasa (uang) Rp 20 ribu," ujar dia.

Menerima tawaran tersebut, sang netizen tak menggubrisnya karena itu jelas-jelas menyalahi ketentuan yang ada dalam Program Kartu Prakerja. "Tidak saya tanggapi," ungkapnya.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Awas Jangan Tertipu, Ini 4 Situs Palsu Kartu Prakerja Gelombang 12

Program Kartu Prakerja menarik banyak peminat sejak pertama kali diluncurkan hampir satu tahun lalu. Animo masyarakat pun dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggungjawab melalui situs palsu dengan alamat yang mirip dengan www.prakerja.go.id.

Situs web palsu Kartu Prakerja telah banyak beredar, termasuk di lini masa media sosial. Bahkan ada beberapa situs web palsu sudah beredar sejak tahun lalu.

Head of Communications Prakerja, Louisa Tuhatu, menegaskan situs resmi pendaftaran program Kartu Prakerja hanya bisa diakses melalui www.prakerja.go.id, diluar itu tidak resmi atau illegal.

“Saluran komunikasi Kartu Prakerja adalah yang menggunakan akhiran 'go.id' yaitu www.prakerja.go.id dan Instagram @prakerja.go.id serta Facebook @prakerja.go.id,” kata Louisa kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Mengenai situs palsu Kartu Prakerja tersebut, berikut informasinya:

1. kartu-prakerja.com

Situs web ini menjadi perbincangan sejak beberapa hari terakhir. Banyak masyarakat mempertanyakan keasliannya.

Tak sedikit pula yang mengatakan bahwa situs tersebut adalah palsu, atau bukan resmi untuk Program Kartu Prakerja.

Sama seperti situs palsu lain, jangan pernah mengaksesnya. Karena hal tersebut kemungkinan akan membahayakan data milik Anda.

3 dari 6 halaman

2. prakerja.vip

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada tahun lalu bahkan sudah menegaskan bahwa ini adalah situs palsu. Tidak benar situs tersebut digunakan untuk mendaftar program Kartu Prakerja.

Alamat situs web ini beredar di media sosial dan pesan berantai. Pesan yang disampaikan berisi langkah untuk mendaftar Kartu Prakerja melalui prakerja.vip. Padahal ini adalah situs palsu. 

4 dari 6 halaman

3. dashboard prakerja

Alamat situs palsu lain adalah dashboard.prakerja12.xyz. Seperi dua di atas, ini juga adalah link phising.

Jika Anda mengaksesnya, maka kemungkinan akan mengancam keamanan data pribadi.

Link ini juga beredar di media sosial dan pesan berantai.

5 dari 6 halaman

4. daftarprakerja.net

ersebut bahkan telah disertai dengan langkah-langkah untuk mendaftar

"Langkah untuk mendaftar prakerja

1. Kunjungi situs http://daftarprakerja.net/?v=gelombang12

2. Isi formulir data diri

3. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

4. Bantuan akan dikrim melalui rekening

Pendaftaran dibuka selama 7 hari segera daftar agar tidak kehabisan kuota"

6 dari 6 halaman

Infografis Daftar Bansos 2021, Dari Kartu Sembako Hingga Prakerja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.