Sukses

Situs Palsu Pendaftaran Kartu Prakerja Sudah Dilaporkan dan Bakal Diblokir

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 resmi dibuka.

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 resmi dibuka. Gelombang 12 menjadi gelombang pertama yang dibuka di tahun 2021.

Pembukaan pendaftaran program ini disambut antusias, sampai-sampai, banyak situs palsu Kartu Prakerja yang dibuat oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menjerumuskan masyarakat. Jumlahnya juga tersebar di seluruh Indonesia.

Terkait maraknya situs palsu ini, Manajemen Kartu Prakerja tidak tinggal diam. Situs yang menjebak ini akan segera dilaporkan dan diblok oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Setiap kali kami menerima laporan dari masyarakat maka segera kami laporkan juga ke Kominfo untuk diblock," ujar Head of Communication Project Management Office (PMO) Kartu Praekerja Louisa Tuhatu saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (25/2/2021).

Louisa menjelaskan, beberapa situs yang palsu sudah diblock dan tidak bisa diakses lagi. Hingga saat ini, pihaknya terus aktif melaporkan situs Prakerja palsu agar aktivitasnya dapat segera dihentikan Kominfo.

Dirinya juga mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati dan teliti membaca alamat situs.

"Situs resmi Kartu Prakerja adalah www.prakerja.go.id, jadi dengan akhiran go.id karena kami adalah program resmi pemerintah," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Awas Jangan Tertipu, Ini 4 Situs Palsu Kartu Prakerja Gelombang 12

Program Kartu Prakerja menarik banyak peminat sejak pertama kali diluncurkan hampir satu tahun lalu. Animo masyarakat pun dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggungjawab melalui situs palsu dengan alamat yang mirip dengan www.prakerja.go.id.

Situs web palsu Kartu Prakerja telah banyak beredar, termasuk di lini masa media sosial. Bahkan ada beberapa situs web palsu sudah beredar sejak tahun lalu.

BACA JUGA

Rupiah Berpotensi Menguat Dibayangi Imbal Hasil Obligasi AS Head of Communications Prakerja, Louisa Tuhatu, menegaskan situs resmi pendaftaran program Kartu Prakerja hanya bisa diakses melalui www.prakerja.go.id, diluar itu tidak resmi atau illegal.

“Saluran komunikasi Kartu Prakerja adalah yang menggunakan akhiran 'go.id' yaitu www.prakerja.go.id dan Instagram @prakerja.go.id serta Facebook @prakerja.go.id,” kata Louisa kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Mengenai situs palsu Kartu Prakerja tersebut, berikut informasinya:

1. kartu-prakerja.com

Situs web ini menjadi perbincangan sejak beberapa hari terakhir. Banyak masyarakat mempertanyakan keasliannya.

Tak sedikit pula yang mengatakan bahwa situs tersebut adalah palsu, atau bukan resmi untuk Program Kartu Prakerja.

Sama seperti situs palsu lain, jangan pernah mengaksesnya. Karena hal tersebut kemungkinan akan membahayakan data milik Anda.

3 dari 5 halaman

2. prakerja.vip

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pada tahun lalu bahkan sudah menegaskan bahwa ini adalah situs palsu. Tidak benar situs tersebut digunakan untuk mendaftar program Kartu Prakerja.

Alamat situs web ini beredar di media sosial dan pesan berantai. Pesan yang disampaikan berisi langkah untuk mendaftar Kartu Prakerja melalui prakerja.vip. Padahal ini adalah situs palsu.

4 dari 5 halaman

3. dashboard prakerja

Alamat situs palsu lain adalah dashboard.prakerja12.xyz. Seperi dua di atas, ini juga adalah link phising.

Jika Anda mengaksesnya, maka kemungkinan akan mengancam keamanan data pribadi.

Link ini juga beredar di media sosial dan pesan berantai.

5 dari 5 halaman

4. daftarprakerja.net

Selain ketiga situs tersebut, kini juga muncul situs palsu Kartu Prakerja yaitu daftarprakerja.net. Situs ini juga telah beredar melalui pesan berantai di grup aplikasi percakapan.

Dalam pesan berantai tersebut bahkan telah disertai dengan langkah-langkah untuk mendaftar

"Langkah untuk mendaftar prakerja

1. Kunjungi situs http://daftarprakerja.net/?v=gelombang12

2. Isi formulir data diri

3. Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email/nomor hp

4. Bantuan akan dikrim melalui rekening

Pendaftaran dibuka selama 7 hari segera daftar agar tidak kehabisan kuota"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.