Sukses

Pertanian Tetap Menjadi Sektor Lokomotif Ekonomi di 2021

Sektor pertanian pada kuartal ke empat, 2020, tercatat tumbuh sebesar 2,59 persen secara year on year.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) bersama dengan IPB University mengevaluasi kondis makro pertanian 2020 yang akan menjadi dasar outlook 2021.

Hasil evaluasi menyatakan jika sektor pertanian Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju terutama di tengah pandemi covid-19 telah memberikan andil besar dan menopang perekonomian nasional, bahkan di gadang-gadang sektor pertanian menjadi lokomotif ekonomi Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Rektor IPB University, Arif Satria usai pertemuan terkait evaluasi makro pertanian 2020 bersama dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian di Bogor, Senin (22/2/2021).

Menurut dia, pertumbuhan sektor pertanian di sepanjang era pandemi 2020 berhasil menjadi sektor terkemuka.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, sektor pertanian pada kuartal ke empat, 2020, tercatat tumbuh sebesar 2,59 persen secara year on year, di mana subsektor pendukung utamanya adalah tanaman pangan yakni sebesar 10,47 persen.

“Saya berharap kondisi seperti ini terus berlanjut pada 2021, dikarenakan sektor teknis lainnya anjlok maka sektor pertanian menjadi penyelamat bagi perburukan resesi ekonomi di kuartal 3,” jelas dia.

Kemudian keberhasilan kebijakan dan program di sektor pertanian tidak hanya dilihat dari kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB), namun juga diikuti dengan kinerja ekspor.

Terkait outlook 2021, Arif berharap tahun ini benar-benar ada upaya sistematis satu penguatan infrastuktur pertanian termasuk irigasi.

“Karena berdasarkan simulasi yang sudah kami ternyata faktor-faktor yang akan berpengaruh infrastuktur irigasi kemudian yang kedua adalah kemampuan kita memitigasi perubahan iklim yang ketiga adalah sejauh mana kita ini mampu untuk mendorong inovasi inovasi termasuk litbang,” tutur dia.

Dikatakan jika berbagai riset pada 2021 dan penerapan inovasi terbaik dalam bidang pertanian harus benar-benar di dorong.

Terakhir soal logistik, di mana arus distribusi barang akan menjadi kunci di tengah ketidakpastian Covid-19 akan berakhir.

"Kita belum tau sampai kapan berakhir maka salah satu kuncinya adalah aspek logistik supaya apa supaya supply yang ada di desa itu bener-bener bisa terakomodasi dan kemudia bisa termanfaatkan dengan baik," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Pengaman

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi mengatakan di masa pendemi covid 19 yang menekan pertumbuhan ekonomi global dan menimbulkan dampak multi dimensi, sektor pertanian harus menjadi pengaman, karena pangan menjadi kebutuhan prioritas yang harus dipenuhi bagi 270 juta jiwa.

Ia bersyukur kinerja sektor pertanian tahun 2020 mendapat banyak apresiasi dari berbagai pihak, saat hampir semua sektor terpuruk karena terjangan badai pandemi Covid-19, sektor pertanian justru berkibar.

Serta, menjadi penyelamat ekonomi dari jurang resesi yang lebih dalam, lokomotif pertumbuhan ekonomi, dan penyerap limpahan tenaga kerja dari sektor lain yang terhempas pandemi. “Strategi meningkatkan produksi dilakukan melalui perluasan tanam, peningkatan Indek Pertanian dan produktivitas, hilirisasi produk didukung dengan kemitraan off-taker, kelembagaan korporasi serta permodalan dari KUR,” ujar Suwandi lebih lanjut.

“Kontribusi Pertanian cukup memberikan arti segi ekonomi nasional. Harapan kita di 2021 ini adalah berbagai terobosan, produktivitas pertanian harus ditingkatkan sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk meningkatkan dalam membangun pertanian yang makin maju dengan pendekatan pendekatan modernisasi, korporasi serta digitalisasi,“ jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini