Coba Periksa! Inilah 9 Tanda Anda Terlilit Utang

Oleh Helena Yupita pada 27 Feb 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 27 Feb 2021, 06:00 WIB
[Bintang] Utang
Perbesar
Ilustrasi utang | Sumber Foto: kiplinger.com

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda kesulitan melakukan pembayaran utang atau tagihan sangat tinggi sehingga tidak dapat menyelesaikan banyak hal lain, mungkin itu tanda memiliki terlalu banyak utang.

Memiliki terlalu banyak utang dapat menyebabkan masalah keuangan lainnya seperti tidak dapat menabung, kehilangan pembayaran tagihan, dan harus meminjam lebih banyak uang hanya untuk tetap bertahan.

Melansir dari laman the balance, Sabtu (26/2/2021), berikut beberapa tanda Anda berutang terlalu banyak.

1. Tidak Tahu Berapa Banyak Utang

Bersembunyi dari utang tidak akan membuatnya hilang. Faktanya, jika dengan sengaja mengabaikan utang, justru itu tanda bahwa Anda memiliki lebih banyak utang daripada yang dapat ditangani dan takut untuk menghadapinya.

Ambil salinan laporan kredit dan laporan akun terbaru Anda dari kreditor untuk membuat daftar akun dan saldo saat ini. Ini akan memberi tahu jumlah pasti utang Anda.

2. Kekurangan Uang Menyebabkan Pembayaran Terlambat

Jika pembayaran utang lebih tinggi dari pendapatan, itu pertanda bahwa Anda memiliki terlalu banyak utang.

Tidak memiliki cukup uang untuk pembayaran bulanan berarti justru akan melewatkan pembayaran dari waktu ke waktu, yang membuat masalah utang semakin parah. Pembayaran terlambat memicu bunga yang lebih tinggi.

Dengan mencermati pengeluaran bulanan akan dapat membantu Anda mengetahui apa yang dapat dihilangkan untuk digunakan membayar tagihan utang tersebut.

3. Menghindari Panggilan Telepon dari Kolektor Tagihan

Ketika debt collector mulai menelepon, utang menjadi tunggakan dan mungkin tidak terjangkau. Anda mungkin dapat menghindari panggilan telepon debt collector untuk sementara waktu, tetapi jangan remehkan itu. 

Mereka dapat sebisa mungkin memutuskan untuk menuntut Anda atas utang. Jika kreditor memenangkan gugatan tersebut, mereka mungkin bisa mendapatkan izin pengadilan untuk memotong gaji atau memungut rekening bank Anda.

2 dari 4 halaman

4. Jam Tidur Berkurang Karena Kekhawatiran

Gambar Ilustrasi Wanita yang Mengalami Insomnia / Kesulitan Tidur di Malam Hari
Perbesar
Sumber: Freepik

Stres terkait utang dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Membuat rencana untuk menangani utang Anda dapat menghilangkan stres dan dalam beberapa kasus, benar-benar menyelamatkan hidup.

5. Meminjam Uang untuk Membayar Kembali Utang Anda

Jika harus membayar tagihan dengan pinjaman dari keluarga, teman, kartu kredit, atau tempat penarikan tunai, itu tandanya utang menumpuk dan terlalu banyak. Anda akhirnya akan kehabisan tempat untuk meminjam uang tetapi tetap harus menghadapi utang sendirian.

6. Keuangan Mempengaruhi Kinerja Kerja

Ketika kesulitan keuangan merambat ke tempat kerja, inilah saatnya untuk melakukan sesuatu secara berbeda. Kehilangan pekerjaan adalah hal terakhir yang mungkin dibutuhkan saat ini karena kehilangan pendapatan dapat membuat Anda berada di tepi finansial.

3 dari 4 halaman

7. Mencari Cara untuk Menghindari Stres Keuangan

Ilustrasi Stress
Perbesar
Ilustrasi Stres karena terjerat utang | foto : istimewa

Banyak orang menggunakan obat-obatan dan alkohol untuk menghindari utang mereka. Mahalnya harga obat-obatan bahkan mungkin turut menyebabkan utang bertambah.

Mendapatkan pengobatan untuk penyalahgunaan zat akan menjadi salah satu langkah pertama yang harus diambil jika Anda ingin keluar dari utang selamanya.

8. Menguras Tabungan

Tidak adanya tabungan, tidak selalu berarti memiliki lebih banyak utang daripada yang dapat ditangani. Jika Anda menghabiskan tabungan untuk mencoba melunasi utang atau untuk memenuhi kebutuhan, saat itulah Anda tahu ada masalah.

9. Membutuhkan Kredit untuk Bertahan Hidup

Jika harus membeli bahan makanan dengan kartu kredit, itu pertanda masalah yang lebih dalam dan Anda tidak memiliki cukup uang untuk mempertahankan gaya hidup tersebut.

Anda mungkin tidak menghasilkan cukup uang sama sekali atau salah menangani uang yang dihasilkan. Apa pun itu, carilah cara untuk bertahan hidup dengan penghasilan yang diperoleh atau meningkatkan penghasilan itu sendiri.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓