Sukses

Terdampak Banjir, Jalur KA Lemah Abang-Kedunggedeh Siap Beroperasi Lagi 23 Februari 2021

Jalur KA antara Lemah Abang-Kedunggedeh di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dapat kembali melayani perjalanan pada sore dan malam hari ini, Selasa (23/2/2021).

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Daop 1 Jakarta menargetkan jalur KA antara Lemah Abang-Kedunggedeh di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dapat kembali melayani perjalanan pada sore dan malam hari ini, Selasa (23/2/2021). Jalur rel KA antara kedua stasiun terdampak banjir sehingga tidak bisa beroperasi.

Sebelumnya dampak banjir yang menggenangi jalur rel KA antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 sampai Km 53+600, mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel KA. Hal ini karena lapisan batu balas tergerus arus air, yang mengakibatkan sejumlah titik terdapat bagian rel menggantung.

PT KAI Daop 1 Jakarta masih berusaha mempercepat perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut dengan memperbaiki kembali geometri jalan KA melalui pengisian lapisan batu balas di bawah bantalan jalur rel, dan pemadatan lapisan batu balas dengan menggunakan alat berat di sepanjang lokasi terdampak banjir.

"PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak cuaca ekstrim, sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA yang terganggu," demikian ungkap pihak KAI dalam keterangannya pada Selasa (23/2/2021).

Perkembangan informasi keberangkatan KA pada sore dan malam nanti, akan kembali diberikan secara berkala dengan melihat proses perbaikan yang terus berlangsung.

Berdasarkan proses perbaikan pada pagi ini, masih terdapat sekitar 7 KA untuk keberangkatan pagi hari dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir yang belum dapat dilayani perjalanannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembatalan Tiket

Bagi pelanggan KA yang telah memiliki tiket keberangkatan pagi hari pada 23 Februari 2021 dari Gambir maupun Pasar Senen dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan stasiun.

Calon penumpang juga diberikan waktu sampai 30 hari ke depan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen.

Persyaratan untuk pembatalan tiket di loket stasiun yaitu calon penumpang wajib membawa tiket KA dan ID asli calon penumpang. Untuk calon penumpang yang memiliki kode booking yang sama, pembatalan dapat dilakukan oleh salah satu calon penumpang dengan membawa foto copy ID penumpang lainnya.

Adapun berikut daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket Kereta Api Jarak Jauh di area Daop 1:- Pasar Senen- Gambir- Bekasi- Cikampek- Bogor- Jakarta Kota- Karawang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.