Sukses

Deretan Dampak Banjir, Pemadaman Listrik hingga Pembatalan Perjalanan Kereta Api

Sarana transportasi juga ikut terdampak seperti kereta jalur api dan jalan tol yang terpaksa ditutup sementara akibat banjir. PLN pun terpaksa melakukan pemadaman.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, wilayah Jabodetabek diguyur hujan terus-menerus yang menyebabkan banjir. Sehingga banyak rumah dan kendaraan terendam banjir. Sarana transportasi juga ikut terdampak seperti kereta jalur api dan jalan tol yang terpaksa ditutup sementara akibat banjir.

PLN pun terpaksa melakukan pemadaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat banjir menerjang kemarin. 

Untuk mengetahui lebih lanjut dampak banjir, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, pada Selasa (23/2/2021):

1. KAI Batalkan Perjalanan

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, imbas banjir yang menggenangi jalur rel kereta api antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel.

"Sampai dengan saat ini tim prasarana Daop 1 Jakarta berupaya semaksimal mungkin melakukan proses perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut," kata Eva dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (23/2/2021).

Melihat kondisi tersebut dan mempertimbangkan keselamatan, KAI membatalkan tujuh keberangkatan kereta api pagi ini.

"Melihat kondisi yang ada serta mempertimbangkan keselamatan, beberapa perjalanan KA (kereta api) dari Jakarta akan dilakukan pembatalan kembali khususnya untuk 7 keberangkatan KA pagi hari," ungkap Eva.

Pihaknya memohon maaf atas pembatalan sejumlah perjalanan kereta api ini. "PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA yang terganggu," kata Eva.

2. Daftar pembatalan kereta api dari Daop 1 Jakarta:

Pasar Senen

- KA 292 Bengawan (Pasar Senen-Purwosari) keberangkatan pukul 06.30 WIB

- KA 130 Dharmawangsa (Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.50 WIB

- KA 320 Tegal Ekspres (Pasar Senen-Tegal) keberangkatan pukul 09.20 WIB

- KA 302 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto) keberangkatan pukul 09.30 WIB

Stasiun Gambir

- KA 38 Argo Parahyangan (Gambir-Bandung) keberangkatan pukul 06.50 WIB

- KA 2 Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi) keberangkatan pukul 08.00

- KA 10A Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan) keberangkatan pukul 08.30

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Jasa Marga Tutup Tol

Corporate Communication & Community PT Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan bahwa Jasa marga melakukan penutupan jalan tol pada Sabtu kemarin akibat banjir. 

“Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat hal ini. Antisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor telepon 14080,” katanya pada Sabtu 20 Februari 2021.

Berikut ruas tol yang terendam banjir:

Tol Jakarta-Cikampek:

- KM 9, saat ini genangan di Lajur (L) 1, kendaraan masih bisa melintasi L2 s.d L4. tengah dilakukan penanganan dengan pompa.

- Akses masuk Gerbang Tol (GT) Jatibening arah Jakarta tergenang, penutupan sementara akses on Ramp. Saat ini kendaraan yang akan masuk tol dialihkan melalui akses GT Jatiwaringin / Pondok Gede.

- KM 19, saat ini genangan di L1, L2 s.d L4 dapat dilintasi semua kendaraan.

- GT Cikarang Barat 5 arah Jakarta, genangan sudah mulai surut dan dalam proses pembersihan lajur

- GT Cibitung 7 arah Jakarta, penutupan sementara akses on Ramp

Arah Cikampek:

- Rest Area KM 19A dilakukan penutupan sementara

Sementara Jalan Tol Jakarta-Tangerang, titik banjir sebagai berikut:

Arah Tangerang:

- Simpang Susun (SS) Bitung, seluruh lajur sudah dapat dilintasi dengan pengaturan petugas di lapangan.

- Km 24, saat ini L2 s.d L4 sudah bisa dilintasi. Saat ini tengah dilakukan penanganan dengan pompa.

Jalan TOL JORR: Pondok Ranji-Serpong.

Arah Serpong:

- KM 8+600 Ruas BSD, dilakukan penutupan GT Pondok Ranji Utama (arah BSD) dialihkan ke Bintaro.

Tol Jagorawi arah Jakarta:

- Km 3+800, saat ini L2 s.d L5 dapat dilintasi. Saat ini masih dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

Tol Dalam Kota:

- Km 00+200 SS Cawang: Terowongan SS Cawang dari Halim menuju Tj Priok, saat ini L2 tergenang. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengalihan kendaraan kecil ke Jalan Tol Dalam Kota.- Km 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas. 

3 dari 5 halaman

4. PLN Padamkan Listrik di 22 Wilayah di Jakarta Akibat Banjir

PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya ‎mengambil langkah memadamkan listrik pada 22 titik untuk keamanan masyarakat sebagai dampak banjir pada Sabtu lalu.

Dikutip dari situs resmi PLN Jakarta Raya,, ada 22 wilayah yang mengalami pemadaman listrik akibat terendam banjir. Adapun 22 wilayah tersebut diantaranya, Kebon Kelapa, Kemayoran, Gunung Sahari‎, Cempaka Putih, Ancol, dan Mangga Dua.

Sebelumnya, Executive Vice President Corporate Communication dan CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan, PLN akan memadamkan listrik pada wilayah yang mengalami banjir. Pemadaman juga berlaku pada wilayah yang tidak terendam tetapi di sekitarnya mengalami banjir.

Langkah ini dilakukan guna menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik. "Kami mohon maaf dan pengertian warga untuk daerah yang terdampak pemadaman listrik di sekitar atau dekat lokasi banjir. Hal ini terpaksa kami lakukan demi keselamatan warga yang terdampak banjir," kata Made.

 

4 dari 5 halaman

5. Banjir Sebabkan Pengiriman Logistik turun hingga 60 persen

Ketua Asosiasi Logistik Indonesia Zaldy Ilham Masita mengatakan, banjir menyebabkan arus pengiriman barang turun hingga 60 persen di wilayah Jabodetabek.

"Kalau untuk Jabodetabek turun sampai 60 persen karena banjirnya cukup merata dan akses tol juga kena banjir," ujar Zaldy saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (21/2/2021).

Zaldy menjelaskan, penurunan operasional pengiriman barang ini tentu berpengaruh terhadap pendapatan badan usaha logistik.

Kendati, dirinya belum dapat memperkirakan jumlah kerugian yang ditanggung imbas bencana alam ini. "Kita belum tahu. Besar kerugiannya masih kita hitung," tandasnya.

Adapun, pengiriman barang yang paling terdampak banjir ialah pengiriman e-commerce dan pengiriman ke toko-toko retail.

Zaldy memperkirakan, Senin (22/2/2021) pengiriman barang akan kembali dilaksanakan. "Mungkin senin mulai jalan lagi karena hari ini masih libur (Minggu)," katanya.

 

5 dari 5 halaman

6. Tergenang Banjir, Transjakarta Tutup Sejumlah Layanan Sementara

Direktur Operasional Transjakarta, Prasetia Budi, meminta maaf kepada masyarakat pengguna Transjakarta, karena pihaknya terpaksa menutup sementara demi keselamatan calon penumpang dan pegawainya.

“Kami mohon maaf atas itu," kata Budi dalam keterangannya, Sabtu (20/2/2021).

Dia pun menyebutkan beberapa ruas jalan yang terdampak banjir. Di antaranya Jalan Mayjen Sutoyo dan Sekitar Kampung Rambutan, Jakarta Timur, serta di Pejaten, Jakarta Selatan.

Rinciannya hingga pukul 12.00 WIB hanya sebanyak 24 rute yang berjalan. Sedangkan ada empat yang dihentikan sementara karena banjir, sedangkan empat lainnya dialihkan.

Adapun rincian rute BRT dan Non BRT Transjakarta dalam kondisi banjir sebagai berikut:

Koridor 1, 2, 3, 4 dan 5 beroperasi normal. Sedangkan koridor 6 stop operasi untuk sementara karena ada titik banjir di sekitaran Pejaten.

Adapun bus Transjakarta koridor 7 rutenya hanya sampai tanah merdeka karena ada titik banjir sekitaran terminal Kampung Rambutan.

Koridor 8 dan 9 beroperasi normal. Sedangkan koridor 10 ada pengalihan dan perpendekan, karena ada titik banjir sekitaran Sutoyo.

Terakhir, berdasarkan informasi dari petugas di lapangan koridor 11, 12 dan 13 beroperasi normal.

Tentang rute non BRT, dijelaskan bahwa:

Rute 1C (Blok M-Pesanggrahan) stop operasi karena ada titik banjir di jalan Ciledug Raya.

Rute 5M (Kampung Melayu-Tanah Abang) juga stop operasi berhubung ada genangan air di depan pool Kampung Rambutan sehingga bus tidak bisa keluar.

Akibatnya rute 7B juga mengalami perpendekan rute karena titik banjir di terminal Kampung Rambutan itu.

Rute 7P (Pondok Kelapa-BKN) normal namun diberlakukan contra flow karena ada titik banjir di jalan Sutoyo.

Rute 1M (Blok M-Meruya) mengalami pengalihan rute karena ada titik banjir sekitaran Meruya.

Rute 7A (Kampung Rambutan-Lebak Bulus) stop operasi akibat titik banjir sekitaran Deptan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.