Sukses

Pusing Tagihan Menumpuk? Disimak Jurus Melunasinya

Tips yang dilakukan ketika tagihan menumpuk.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang menyalahgunakan fungsi kartu kredit hanya untuk berfoya-foya. Ini akan menyebabkan tagihan menumpuk yang harus dibayar setiap bulan dan bahkan Anda tidak memiliki cukup uang untuk membayar semuanya.

Memiliki terlalu banyak tagihan berarti Anda harus siap mengalami kehancuran finansial. Jika tidak segera mengubah sesuatu, masalah uang hanya akan bertambah buruk. 

Menghabiskan penghasilan setiap bulan adalah salah satu kebiasaan belanja yang dapat menyebabkan utang. 

Melansir dari laman the balance, Kamis (4/3/2021) berikut beberapa tips yang harus dilakukan ketika tagihan menumpuk.

1. Bikin daftar tagihan

Mulailah dengan membuat daftar semua tagihan, jangan hanya mengandalkan ingatan saja karena mungkin Anda tidak akan mengingat semua tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan. Gunakan laporan bulanan untuk membantu memulai dalam pencatatan. 

Jika telah mendaftar untuk penagihan tanpa kertas, cetak laporan dari internet. Tinjau rekening giro untuk melihat tagihan mana yang Anda bayarkan setiap bulan untuk mengisi setiap tagihan yang mungkin terlewatkan. 

Daftarnya mungkin sangat banyak, tapi jangan khawatir. Ini adalah langkah penting dalam menyederhanakan dan menghilangkan stres kehidupan finansial Anda.

2. Mulailah Menggabungkan Tagihan

Apakah ada layanan yang dapat Anda gabungkan? Misalnya, dapatkah mendapatkan asuransi pemilik rumah, mobil, dan lainnya melalui perusahaan yang sama? Atau mungkin menggabungkan kabel, internet, dan telepon rumah? 

Jika semua orang di rumah menggunakan paket seluler yang berbeda dan satu orang yang membayar, pertimbangkan untuk pindah ke paket keluarga. 

Itu bahkan dapat menghemat uang dengan menggabungkan paket. Gabungkan beberapa saldo kartu kredit dengan mentransfer saldo  hanya ke satu kartu kredit. 

Anda harus memulai dengan batas kredit yang cukup tinggi untuk mengakomodasi semua saldo itu. Kartu kredit transfer saldo dengan tingkat bunga promosi akan memungkinkan untuk memadatkan pengeluaran dan menghemat uang untuk bunganya.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Lunasi Beberapa Tagihan Terkecil Dulu

Mungkin Anda memiliki beberapa tagihan terutang kecil yang dapat lunasi dan hapus seluruhnya. Ini mungkin membutuhkan pengorbanan jangka pendek yang penting untuk kewarasan jangka panjang.

Pertimbangkan semua layanan bulanan dan keanggotaan berulang. Mungkin ada beberapa di antaranya yang dapat dipangkas untuk menyederhanakan tagihan dan menghemat uang, terutama jika tidak digunakan. 

Beberapa gagasan tentang apa yang dapat Anda singkirkan mungkin termasuk televisi kabel, layanan streaming film, radio satelit atau premium, dan langganan majalah. Semakin banyak tagihan yang dapat dihilangkan, semakin banyak ruang yang Anda miliki dalam anggaran.

4. Hubungi Pemberi Utang dan Bernegosiasi

Jika Anda memiliki tagihan yang lewat jatuh tempo dan tidak dapat segera membayar, hubungi pembuat tagihan untuk mendiskusikan proses pembayaran tersebut. 

Membahas kesulitan keuangan bukanlah proses yang mudah, tetapi mungkin dapat mengejutkan ketika mengetahui bahwa banyak perusahaan yang bersedia untuk diajak bekerja sama. 

Misalnya, Anda mungkin dapat membayar saldo yang telah jatuh tempo selama beberapa bulan atau membebaskan biaya keterlambatan. Banyak kreditor dan pemberi pinjaman memiliki program kesulitan khusus untuk pelanggan yang mengalami kesulitan keuangan.

 

3 dari 3 halaman

5. Cari Cara Hasilkan Uang

Anda mungkin tidak memiliki kemampuan untuk meminta lebih banyak uang dari pekerjaan saat ini, tetapi pertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan paruh waktu untuk membantu membayar tagihan yang menumpuk. 

Anda juga dapat menghasilkan uang tambahan dari hobi, dengan menyediakan layanan, menjual barang, atau memulai bisnis kecil-kecilan.

6. Lepasakan Layanan Tidak Penting

Ini mungkin langkah terpenting dari semuanya. Jika memiliki terlalu banyak tagihan, Anda harus melepaskan sebagian. Sesederhana itu.

Merasionalisasi mengapa harus menyimpan layanan yang tidak perlu tidak akan membantu. Buatlah keputusan sulit dan pengorbanan berat jika ingin situasi keuangan menjadi lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.