Sukses

Banjir, Seluruh Keberangkatan Kereta Api dari Bandung ke Jakarta Dibatalkan

Petak jalan antara Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 Centimeter.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung membatalkan seluruh jadwal keberangkatan kereta menuju Jakarta dan sebaliknya. Ini akibat banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta dan  sekitarnya.

Juru Bicara PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo, mengatakan pembatalan keberangkatan akibat ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 masih terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 Centimeter.

“Tercatat perjalanan KA Argo Parahyangan dari Bandung menuju Gambir juga sebaliknya, serta perjalanan KA Walahar dari Purwakarta menuju Cikarang juga sebaliknya dan satu perjalanan KA Serayu dari Kiaracondong menuju Pasar Senen nanti dengan terpaksa kami batalkan. Sementara satu perjalanan KA Serayu dari Kiaracondong menuju siang hari ini berjalan hanya sampai Stasiun Karawang,” kata Kuswardoyo dalam keterangan resminya, Minggu (21/2/2021).

Bagi penumpang kereta yang sudah memesan tiket kereta api yang dibatalkan perjalanannya, dapat melakukan pembatalan tiket melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun.

Kuswardoyo mengaku seluruh ganti rugi tiket karena kereta tidak jadi berangkat alias batal akan dikembalikan senilai harga beli atau 100 persen.

“PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung memohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api yang mengalami pembatalan perjalanan KA dari wilayah Daop 2 Bandung menuju Jakarta dan sebaliknya,” jelas dia.

Kuswardoyo menerangkan saat ini tim prasarana PT KAI Daop 2 Bandung masih melakukan perbaikan secara berkala. Salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air.

Dia menyebutkan kondisi banjir sekarang tidak hanya membuat jalur rel tergenang. Namun banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut jadwal KA yang dibatalkan

Berikut jadwal KA yang dibatalkan keberangkatan di wilayah PT KAI Daop 2 Bandung :

Keberangkatan Stasiun Bandung :

1. KA 43f (Argo Parahyangan) Bandung-Gambir Berangkat Stasiun Bandung 06.00 WIB.

2. KA 41 (Argo Parahyangan ) Bandung-Gambir berangkat Stasiun Bandung jam 15.00 WIB.

Keberangkatan Stasiun Purwakarta :

1. KA 383 (Walahar) relasi Purwakarta - Cikarang keberangkatan pukul 05.05 WIB.

2. KA 385 (Walahar) relasi Purwakarta - Cikarang keberangkatan pukul 09.00 WIB.

3. KA 387 (Walahar) relasi Purwakarta - Cikarang keberangkatan pukul 13.10 WIB.

4. KA 389 (Walahar) relasi Purwakarta - Cikarang keberangkatan pukul 14.45 WIB.

5. KA 391 (Walahar) relasi Purwakarta - Cikarang keberangkatan pukul 17.45 WIB.

Keberangkatan Stasiun Kiaracondong :

KA 305 (serayu) relasi Kiaracondong - Pasar Senen keberangkatan pukul 23.34 WIB. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.