Sukses

Pupuk Indonesia Permudah Akses Produk Nonsubsidi untuk Petani

PT Pupuk Indonesia (Persero) terus menjalankan program transformasi bisnis

Liputan6.com, Jakarta PT Pupuk Indonesia (Persero) terus menjalankan program transformasi bisnis untuk menjadi perusahaan yang lebih fokus dalam memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan, khususnya petani di seluruh Indonesia.

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Gusrizal, menyampaikan hal tersebut saat melakukan kegiatan pengenalan produk retail Pupuk Indonesia Group di Sragen dan Boyolali (19/2).

“Kami baru saja meluncurkan program Customer Centric, dimana konsep dari program tersebut adalah bagaimana kita bisa lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada petani dengan menjamin ketersediaan produk-produk retail kami di kios-kios,” jelas Gusrizal melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (20/2/2021).

Dalam kegiatan di Jawa Tengah, sebagai bagian dari inisiatif Program Customer Centric, Pupuk Indonesia mendorong petani untuk memanfaatkan pupuk nonsubsidi guna lebih meningkatkan kualitas dan hasil panen mereka.

“Kami mencoba mengakomodir kebutuhan petani yang belum terdaftar di e-RDKK atau mungkin membutuhkan jumlah yang lebih besar dibandingkan dosis yang mereka terima selama ini,” jelas Gusrizal.

Ia juga menambahkan bahwa penggunaan pupuk nonsubsidi memberikan pilihan lebih beragam bagi petani, komposisi yang ditawarkan lebih beragam sehingga petani dapat menyesuaikan dengan kebutuhan tanaman, pemupukan yang lebih akurat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Kunci keberhasilan program ini, menurut Gusrizal, terletak pada kemitraan yang baik dengan distributor dan kios pupuk.

“Kedepan kami akan membangun distributor excellence, memperkuat hubungan dengan distributor, kios dan petani, membangun kolaborasi, membangun digitalisasi yg terintegrasi dan pelayanan yang unggul serta cepatnya tanggapan pada saat muncul kendala,” papar Gusrizal.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Pupuk

Lebih lanjut, Gusrizal menyatakan bahwa jumlah stok pupuk nonsubsidi di Provinsi Jawa Tengah saat ini mencapai 13.404 ton. Adapun rincian pupuk nonsubsidi yang disiapkan di Jawa Tengah terdiri atas 8.430 ton pupuk urea, 4.933 ton pupuk NPK, dan 41 ton pupuk ZA.

Selain itu, jumlah stok pupuk bersubsidi di Provinsi Jawa Tengah saat ini mencapai 160.737 ton, melebihi kapasitas minimum gudang sebesar 223 persen.

Rincian dari stok pupuk bersubsidi tersebut adalah 19.921 ton pupuk urea, 36.520 ton pupuk NPK, 16.053 ton pupuk SP-36, 20.005 ton pupuk ZA, dan 8.238 ton pupuk organik. Secara keseluruhan, stok pupuk yang tersedia mencukupi kebutuhan hingga dua minggu ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.