Daftar Wilayah di Jakarta yang Kena Pemadaman Listrik Akibat Banjir

Oleh Andina Librianty pada 20 Feb 2021, 10:44 WIB
Diperbarui 20 Feb 2021, 10:45 WIB
Kebon Pala
Perbesar
Warga beraktivitas di tengah banjir yang merendam kawasan Kebon Pala, Jakarta Timur, Selasa (25/2/2020). Akibat banjir yang tak kunjung surut, aktivitas warga di kawasan tersebut menjadi terganggu, terlebih dengan adanya pemadaman listrik. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Hujan lebat mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak kemarin, Jumat (19/2/2021), mengakibatkan banjir di beberapa wilayah sejak kemarin. PLN sejak kemarin, Sabtu (20/2/2021), pun melakukan pemadaman listrik di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Berdasarkan keterangan PLN sampai pada Sabtu (20/2/2021), pukul 09.00 WIB, ada 20 wilayah Jakarta dan sekitarnya yang belum menyala. Wilayah tersebut termasuk Bintara dan sekitarnya, Jatiasih, Kalimalang, Cipinang, Pondok Gede Permai, Fatmawati, Kemang, Pejaten, Warung Buncit, dan Kalibata.

Wilayah lain adalah Pondok Kacang dan sekitarnya, begitu pula dengan Pondok Kacang, Puri Bintaro, Jatibening, Jatiwaringin, Pondok Gede, Ciledug, Petukangan, Kampung Makasar, Pinang Ranti, dan Karet Tengsin.

"Untuk saat ini, PLN tetap siagakan 72 posko yang tersebar di wilayah Jakarta, 2.371 orang personil serta menyiapkan 103 Genset, 20 UPS, 99 Unit Gardu Bergerak, 12 Unit Kendaraan Deteksi dan 700 Unit Kendaraan Operasional pada Kondisi Siaga ini," ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan, dalam keterangannya pada Sabtu (20/2/2021).

Doddy menambahkan, pihaknya terus bekerja keras dan memantau kondisi di lapangan sejak cuaca ekstrim terjadi. Dirinya juga menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan di musim hujan dan banjir.

Kemarin saat banjir mulai surut, PLN berhasil memulihkan 100 persen kelistrikan pada Pukul 22.30 WIB. Namun, hujan lebat yang terjadi semalam menyebabkan banjir kembali melanda Jakarta.

Sampai dengan Sabtu (20/2) pukul 09.00 WIB, terdapat 180 unit Gardu Distribusi dan 61.320 pelanggan yang terdampak banjir. Sementara sebanyak 39 gardu distribusi dan 14.473 pelanggan telah berhasil PLN nyalakan kembali.

2 dari 3 halaman

Daerah yang Terdampak

Bersih-Bersih Mobil Usai Banjir Melanda Jakarta
Perbesar
Pekerja membersihkan kelistrikan mobil yang terkena banjir di bengkel Detailing, Shop, Garage (DSG) di kawasan Pondok Pinang, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Pascabanjir yang melanda Jakarta pada 1-3 Januari lalu, tercatat 35 mobil memasuki bengkel ini untuk diperbaiki. (merdeka.com/Arie Basuki)

Adapun Beberapa Wilayah yang terdampak di Jakarta dan Bekasi meliputi Bintara, Jatiasih, Kalimalang, Cipinang, Pondok Gede Permai, Fatmawati, Kemang, Pejaten, Warung Buncit, Kalibata, Pondok Kacang, Puri Bintaro, Jatibening, Jatiwarungin, Pondok Gede, Ciledug, Petukangan, Kampung Makasar, Pinang Ranti, dan Karet Tengsin.

Apabila air mulai masuk ke rumah, warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter. Selanjutnya warga bisa menghubungi PLN melalui Contact Center 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓