Listrik di 122 Wilayah Jakarta Padam Imbas Banjir

Oleh Andina Librianty pada 20 Feb 2021, 07:16 WIB
Diperbarui 20 Feb 2021, 07:54 WIB
Mati Lampu
Perbesar
Ilustrasi (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah wilayah mengalami pemadaman listrik pada Sabtu 20 Februari 2021 pagi. Hal ini merupakan imbas hujan dengan intensitas tinggi sejak Kamis 18 Februari 2021 di Jakarta sekitarnya dan membuat sejumlah wilayah terendam banjir.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari situs resmi PLN, Sabtu (20/2/2021) pukul 07.16 WIB. Tercatat terdapat 122 wilayah di Jakarta dan sekitarnya yang mengalami pemadaman listrik.

Sebelumnya, General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan mengatakan, PLN terpaksa memadamkan listrik di wilayah-wilayah tersebut untuk menghindari sengatan listrik.

"Ada beberapa hal yang memaksa kami untuk memadamkan listrik, seperti jika gardu distribusi terendam, rumah pelanggan terendam, rumah pelanggan dan gardu distribusi terendam, atau jika Gardu Induk terendam," kata Doddy.

Beberapa upaya preventif yang dilakukan PLN UID Jakarta Raya yaitu menyiagakan 2.371 personel, melengkapi 6 gardu pemasok rumah pompa dengan peralatan switching.

Selain itu, melakukan inspeksi dan pemeliharaan terhadap kabel tegangan rendah untuk segera dilakukan perbaikan apabila terjadi anomali, terutama di lokasi yang sering digunakan untuk berteduh pada saat hujan.

2 dari 3 halaman

Listrik di 3 Wilayah Jakarta Padam Akibat Banjir, Ini Rinciannya

Ilustrasi Mati Lampu
Perbesar
Ilustrasi. (Minivannews.com)

Hujan dengan intensitas tinggi sejak Kamis (19/2/20201) di Jakarta sekitarnya membuat sejumlah wilayah terendam banjir. Kondisi ini memaksa PLN memadamkan listrik di wilayah tersebut untuk menghindari sengatan listrik.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari situs resmi PLN, Jumat (19/2/2021) pukul 11.00 WIB. Tercatat terdapat tiga wilayah di Jakarta dan sekitarnya yang mengalami pemadaman, yaitu Daan Mogot, Cipinang Melayu dan Jati Bening.

Sebelumnya, Humas Perusahaan Listrik Negara (PLN) Disjaya, Dita Artsana mengatakan, dua unit gardu listrik Jakarta Timur rusak akibat banjir yang terjadi.

Akibatnya, sekitar 666 pelanggan PLN di wilayah Jakarta dan sekitarnya terdampak pemadaman listrik.

"Dua gardu yang terkena dampak banjir masing-masing di Jalan Dermaga Baru, Klender, Jakarta Timur dan di Jalan Kalimalang," kata Dita seperti dilansir dari Antara, Jumat (19/2/2021).

Pasokan listrik menuju 666 rumah pelanggan hingga pukul 09.00 WIB masih dilaporkan padam. Lokasi pemadaman listrik di antaranya di Jalan Dermaga Baru, Jalan Kalimalang, Kompleks Dosen IKIP dan Jalan Bintara Jaya II, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Presentase yang terkena dampak relatif sedikit berkisar 0,01 persen dari total 4.769.726 pelanggan. Namun situasi akan kami perbaharui per jam," kata Dita.

Dia juga menuturkan, banjir juga membuat dua jaringan tegangan rendah (JTR) mengalami gangguan sehingga mengakibatkan pemadaman.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓