Sukses

2.816 Pedagang Tanah Abang Sudah Disuntik Vaksin Covid-19

Sebanyak 53 ribu pedagang di Pasar Tanah Abang akan mendapatkan vaksin. Namun saat ini yang tervalidasi baru 30 ribu disebabkan adanya kios tutup karena pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengungkapkan, antusiasme pedagang dan pengelola Pasar Tanah Abang sangat besar terhadap vaksinasi Covid-19 yang dimulai sejak 17 Februari 2021. Berdasarkan datanya, sebanyak 2.816 pedagang sudah mendapatkan vaksin.

Pada hari pertama vaksinasi, jumlah pedagang yang sudah mendapatkan vaksin sebanyak 1.400. Begitu pula dengan hari kedua dengan kisaran jumlah serupa.

"Antusiasme pedagang di awal tidak terbaca dengan jelas, tapi menuju H-1 tiba-tiba animonya luar biasa. Total sekarang ada 2.816," kata Arif dalam dialog virtual pada Jumat (19/2/2021).

Vaksinasi di Pasar Tanang Abang ini direncanakan berlangsung selama lima hari. Memasuki hari ketiga, kata Arif, masih banyak pedagang yang mendaftar untuk mengikuti vaksinasi.

Ia mengatakan sebanyak 53 ribu pedagang akan mendapatkan vaksin. Namun saat ini yang tervalidasi baru 30 ribu disebabkan adanya kios tutup karena pandemi. Total 30 ribu tersebut termasuk pedagang, serta petugas kebersihan, keamanan, dan parkir.

"Sebelum sensus ada 53 ribu pedagang, setelah sensor karena ada pandemi dan kios tutup angka bergerak terus dan estimasi kita sekarang mencapai 30 sampai 40 ribu. Tapi target yang kita canangkan di angka sekitar 53 ribu pedagang," jelas Arif.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usai Divaksin Covid-19, Pedagang Harap Bisnis Kembali Menggeliat

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Ikhsan Ingratubun mengapresiasi Kementerian Kesehatan atas program vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang turut menyasar pedagang pasar. Mengingat vaksinasi sendiri sangat dinantikan oleh pedagang pasar yang juga termasuk kelompok UMKM.

"Kita mengapresiasi ya, sangat mengapresiasi program pemerintah terutama dari Kemenkes untuk melakukan vaksinasi kepada pedagang pasar UMKM. Dan ini yang memang kita tunggu-tunggu," terangnya dalam acara Dialog Produktif Rabu Utama, Vaksinasi Menyasar Pedagang Pasar, Rabu (17/2).

Ikhsan bilang, dampak pandemi Covid-19 selama satu tahun terakhir ini tidak hanya memukul ekonomi nasional. Akan tetapi, juga penyebaran virus mematikan asal China itu telah memukul parah bisnis UMKM, termasuk pedagang pasar.

"Mohon izin, bahwa dampak Covid-19 terhadap perekonomian bangsa ini memang terdampak besar. Juga dengan kepada pedang pasar atau pedagang pedagang mikro," paparnya.

Maka dari itu, dia berharap melalui program vaksinasi tahap dua ini bisnis UMKM domestik dapat segera menggeliat kembali. Menyusul adanya kekebalan kondisi imun tubuh pelaku usaha maupun masyarakat setelah di suntik vaksin Covid-19.

"Karena pedagang pasar paling sering interaktif atau paling mudah menularkan Covid-19, dengan vaksinasi kita senang saja," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.