Listrik di 3 Wilayah Jakarta Padam Akibat Banjir, Ini Rinciannya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 19 Feb 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 19 Feb 2021, 11:30 WIB
Mati Lampu
Perbesar
Persiapan mati lampu (Foto: Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Hujan dengan intensitas tinggi sejak Kamis (19/2/20201) di Jakarta sekitarnya membuat sejumlah wilayah terendam banjir. Kondisi ini memaksa PLN memadamkan listrik di wilayah tersebut untuk menghindari sengatan listrik.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com dari situs resmi PLN, Jumat (19/2/2021) pukul 11.00 WIB. Tercatat terdapat tiga wilayah di Jakarta dan sekitarnya yang mengalami pemadaman, yaitu Daan Mogot, Cipinang Melayu dan Jati Bening.

Sebelumnya, Humas Perusahaan Listrik Negara (PLN) Disjaya, Dita Artsana mengatakan, dua unit gardu listrik Jakarta Timur rusak akibat banjir yang terjadi.

Akibatnya, sekitar 666 pelanggan PLN di wilayah Jakarta dan sekitarnya terdampak pemadaman listrik.

"Dua gardu yang terkena dampak banjir masing-masing di Jalan Dermaga Baru, Klender, Jakarta Timur dan di Jalan Kalimalang," kata Dita seperti dilansir dari Antara, Jumat (19/2/2021).

Pasokan listrik menuju 666 rumah pelanggan hingga pukul 09.00 WIB masih dilaporkan padam. Lokasi pemadaman listrik di antaranya di Jalan Dermaga Baru, Jalan Kalimalang, Kompleks Dosen IKIP dan Jalan Bintara Jaya II, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Presentase yang terkena dampak relatif sedikit berkisar 0,01 persen dari total 4.769.726 pelanggan. Namun situasi akan kami perbaharui per jam," kata Dita.

Dia juga menuturkan, banjir juga membuat dua jaringan tegangan rendah (JTR) mengalami gangguan sehingga mengakibatkan pemadaman.

2 dari 3 halaman

3 Ruas Tol Terendam Banjir, Ditutup Sementara dan Arus Kendaraan Alihkan

Jalan Tol Ngawi Kertosono KM 604+000 Madiun Jawa Timur Banjir
Perbesar
Jalan Tol Ngawi Kertosono KM 604+000 Madiun Jawa Timur Banjir (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Hujan deras yang terjadi di Kota Jakarta dan sekitarnya telah menimbulkan banjir di beberapa titik. Sejumlah ruas Tol Jakarta juga tergenang air pada Jumat (19/2/2021) pagi ini sehingga tak bisa dilewati.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui akun Twitter resmi @PTJASAMARGA melaporkan, terowongan Tol Cikunir terpaksa ditutup sementara karena terkena banjir.

"#Tol_JLJ Terowongan Cikunir dari Cawang arah Jatiasih/Pd Indah DITUTUP SEMENTARA, ada genangan air, Lalu Lintas arah Jatiasih/Pd Indah DIALIHKAN keluar Pd Kelapa/Kalimalang putar balik masuk kembali ke GT Kalimalang 2," tulis Jasa Marga, Jumat (19/2/2021).

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) eksisting juga turut tergenang banjir. Tepatnya terjadi di lajur masuk Jatibening atau Cawang.

"#Tol_Japek HATI-HATI di lajur masuk Jatibening arah Cawang, ada genangan air. GUNAKAN JALUR ALTERNATIF."

Ruas Tol Jakarta lain yang ikut terendam banjir yakni Terowongan Cawang dari Halim Perdanakusuma arah Tanjung Priok. Khusus kendaraan besar tetap dapat melintas, sementara kendaraan kecil golongan 1 dialihkan ke ruas Jalan Tol Dalam Kota.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓