Sukses

Sumatera Utara Kini Kian Terang Benderang, Rasio Elektrifikasi Capai 99,99 Persen

Sebanyak 9 dusun di Tapanuli Utara, Sumatera Utara kini dapat menikmati listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 9 dusun di Tapanuli Utara, Sumatera Utara kini dapat menikmati listrik. Adapun 9 daerah itu meliputi Limus, Lobu Haminjon, Lobu Jambang, Siantar Naipospos, Batu Lamak, Torhonas, Bagot, Huta Silalahi, dan Dusun Sitandiang.

General Manager PLN UIW Sumatera Utara, M Irwansyah Putra mengatakan, langkah tersebut merupakan bagian dari langkah PLN dalam mewujudkan keadilan energi di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera Utara.

"Sebagai badan usaha pengelola kelistrikan nasional, PLN terus menjalankan anamah negara untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di seluruh penjuru Indonesia. Salah satunya penyambungan listrik di daerah yang sulit terakses melalui program Listrik Pedesaan (Lisa)," kata Irwansyah dalam keterangannya, Jumat (19/2/2021).

Dengan demikian, Rasio Elektrifikasi (RE) di Sumatera Utara telah mencapai 99,99 persen. Capaian ini juga diikuti oleh peningkatan Rasio Desa Berlistrik (RDB) di Sumut mencapai 98,66 persen.

Sebelumnya, RE di wilayah Sumatera Utara pada tahun 2016 sebesar 93,70 persen dan mengalami peningkatan yang signifikan hingga akhir tahun 2020. Sementara untuk RDB di wilayah Sumatera Utara pada tahun 2017 sebesar 95,89 persenbdan hingga awal Januari 2021 terjadi peningkatan sebesar 2,77 persen.

Pada Agustus 2020 lalu, PLN telah melakukan ekspedisi terangi negeri di Kepulauan Nias Selatan. Selama 14 hari, tim dari Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN UIW Sumatera Utara melakukan survey di 36 desa, 7 kecamatan dan 20 pulau sebagai bahan perencanaan dalam meningkatkan rasio desa berlistrik di Sumatera Utara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Listrik Pedesaan

Secara konsisten, PLN akan terus melakukan perencanaan dan pembangunan listrik pedesaan untuk menerangi 14,8 juta jiwa di 33 kabupaten atau kota di Sumatera Utara.

Selama 2020 PLN melalui Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara berhasil melakukan penyambungan listrik di 96 Dusun untuk memenuhi kebutuhan dari total sekitar 8 ribu pelanggan. Per Januari 2021 PLN telah melistriki 6.028 desa di Sumatera Utara.

Dalam pembangunan listrik pedesaan di Sumatera Utara, kendala yang dihadapi adalah kondisi geografis yang cukup ekstrim. Namun, dengan kerja keras dan dukungan dari seluruh insan PLN dan stakeholder, proses pembebasan lahan, mobilisasi material, hingga konstruksi jaringan dapat berjalan lancar.

"Dengan konsistensi, kerja sama dan dukungan dari segala pihak yang terlibat, saya yakin program Sumatera Utara terang bukan lagi mimpi," tutup Irwansyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.