Sukses

Intip Cara Para Miliarder Dunia Bikin Dirinya Tetap Produktif

Mari intip kegiatan yang dilakukan para orang terkaya dunia untuk membuat dirinya tetap produktif.

Liputan6.com, Jakarta 24 jam sehari merupakan waktu yang berlaku sama bagi seluruh orang di dunia. Namun, semua orang memiliki aktivitas yang berbeda-beda untuk menghabiskannya.

Demikian pula, setiap orang memiliki kondisi produktivitas berbeda-beda. Ada yang mengisi waktu dengan gencar menggelar pertemuan atau rapat. Ada yang memanfaatkan waktu untuk memanjakan diri atau bermeditasi. Semua bergantung pada kehendak diri sendiri.

Terkait hal tersebut, sebagian orang mungkin bertanya-tanya bagaimana para miliarder dunia mengkondisikan hari-hari yang mereka jalani yang pasti sangat sibuk. Terutama untuk memaksimalkan produktivitas kinerja mereka.

Melansir laman CNBC, Sabtu (20/2/2021), berikut hal yang dilakukan para orang orang terkaya dunia sekaligus mungkin bisa menjadi tips untuk meningkatkan produktivitas Anda di rumah atau tempat kerja.

1. Miliarder Jack Dorsey: manfaatkan teknologi buat rapat

Sebuah riset menunjukkan, sebagian besar manajer mempercayai bahwa rapat dapat membuat seseorang menjadi lebih produktif.

Menurut survei yang dilakukan Harvard Business School dan Universitas Boston, ada 65 persen manajer mengatakan dengan mengadakan rapat itu dapat meningkatkan produktivitas.

Dalam hal ini, Jack Dorsey selaku CEO Twitter memiliki pendekatan yang ia yakini akan mempercepat proses berpikir kritis ketika mengadakan sebuah rapat dengan memanfaatkan teknologi.

“Sebagian besar rapat saya sekarang berbasis dokumen Google, dimulai dengan 10 menit membaca dan berkomentar langsung di dokumen,” tweet Dorsey pada 2018.

“Praktik ini menyediakan waktu bagi semua orang untuk berada di halaman yang sama, memungkinkan kita untuk bekerja dari banyak lokasi, dan mendapatkan kebenaran / pemikiran kritis lebih cepat,” kata dia.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Miliarder Elon Musk: Kurangi Rapat

Berbeda dengan CEO Twitter, pemilik Tesla Elon Musk justru banyak mengurangi pertemuan. Musk berpikir bahwa lebih baik fokus untuk diri sendiri ketika memiliki waktu luat daripada membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak membuat lebih baik.

“Rapat yang terlalu sering adalah hal buruk,” begitu dikatakan Musk dalam sebuah surat ditujukan untuk karyawannya pada 2018. Bahkan musk mengatakan, hindari rapat kecuali ada masalah yang mendesak.

3. Jeff Bezos: Selalu buat keputusan dengan cepat 

Menurut Bezos, sangat penting untuk membuat sebuah keputusan secara cepat. Walau membuat keputusan tidak mudah, tetapi hal itu harus dilakukan terlebi jika Anda seorang pemimpin. Itu mengapa pentingnya berpikir cepat ketika harus memutuskan sesuatu.

Di samping itu, juga harus mampu mengetahui dan mengoreksi sebuah kesalahan dengan cepat. Hal ini begitu penting, apalagi ketika Anda sudah terjun langsung ke dunia bisnis.

 

3 dari 3 halaman

4. Steve Jobs: Mengatakan

Mantan CEO Apple tersebut percaya bahwa kunci produktivitas didapatkan ketika dia tahu kapan harus berkata ‘tidak’. Namun di samping itu, Anda juga harus bisa memutuskan segala hal yang masuk akal untuk mengganti kata tidak tersebut ketika menolak ide-ide bagus lainnya.

5. Bill Gates: Bermeditasi

Berbeda dari miliarder pada umumnya, Bill Gates justru bisa meningkatkan produktivitasnya dengan bermeditasi.

Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan kebiasaan favoritnya. “Hal itu bisa kembali meningkatkan fokus saya,” ujar Gates. Dengan bermeditasi, dia bisa melatih pikiran.

Sama seperti Gates, pendiri Microsoft pun bisa bermeditasi dua atau tiga kali dalam seminggu. Itu dilakukan selama kurang lebih sepuluh menit untuk sekali bermeditasi.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.