Sukses

Ridwan Kamil Usul Pembangunan Infrastruktur Air hingga Transportasi di Jabar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta pembangunan infrastruktur tetap memprioritaskan infrastruktur air menjadi hal yang utama.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia akan membangun infrastruktur di kawasan Jawa Barat (Jabar) bagian Selatan. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil meminta pembangunan tersebut tetap memprioritaskan infrastruktur air menjadi hal yang utama.

"Agar infrastruktur air dapat menempati prioritas utama, yang dilanjutkan dengan transportasi dan keterhubungan," kata Ridwan Kamil dalam siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (16/2).

Emil sapaannya, mengusulkan beberapa pengembangan kawasan perkotaan di Cekungan Bandung. Mulai dari pemulihan daerah aliran sungai (DAS) Citarum, pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) Kertasari, penanganan sampah tuntas kawasan.

Lalu, pengintegrasian sistem angkutan umum massal perkotaan, pembangunan kawasan metropolitan Bandung Raya, reaktivasi rel kereta api Rancaekek-Tanjungsari-Kertajati, dan penyediaan Bandung Raya Bus Rapid Transit (BRT).

Dia juga mengusulkan pengembangan wilayah Bodebekpunjur–Karpur (Bogor-Depok-Bekasi-Puncak-Cianjur- Karawang-Purwakarta). Begitu juga dengan pengembangan Kawasan Cirebon, Patimban, dan Kertajati (Rebana). Kawasan ini nantinya akan menjadi Kawasan Metropolitan REBANA seluas 43.913 hektar.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat ingin pembangunan kawasan ini menjadi upaya pencegahan terjadinya penyebaran industri yang tidak terkendali tidak seperti kawasan Bodebek-Karpur.

"REBANA akan menjadi pusat kegiatan karena memiliki investasi yang besar," kata dia.

Di titik ini juga akan dilakukan perbaikan ekosistem pesisir dan ketahanan pantai. Perbaikan tersebut dilakukan melalui penanaman mangrove, pembangunan prasarana di sentra-sentra pergaraman rakyat di Kabupaten Subang, Kabupaten Cirebon, dan lain-lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Infrastruktur

Selain itu Pemprov Jabar juga mengusulkan pembangunan infrastruktur di Kota Bogor. Di titik ini akan dilakukan pemulihan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Antara lain meliputi DAS Cilamaya, pemulihan DAS Kali Bekasi, Waduk Cibeet di Kabupaten Karawang, Waduk Cijurey di Kabupaten Bogor, serta relokasi longsor Sukajaya. Masih di Kota Bogor, Pemprov Jabar juga mengusulkan penyediaan sarana transportasi.

Dari berbagai rencana pembangunan infrastruktur tersebut, Emil meminta pelaksanaanya diberi payung hukum berupa peraturan presiden (Perpres) semi mempercepat pembangunan di Jawa Barat. Salah satunya Perpres tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Cirebon-Patimban-Kertajati.

"Dalam menjalankan percepatan pembangunan infrastruktur di Jabar dapat diiringi dengan pembentukan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Cirebon-Patimban-Kertajati agar dapat melengkapi dan mendukung percepatan pembangunan ekonomi di Provinsi Jabar," kata dia.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.