Sukses

Ingin Kaya tapi Gaji Kecil, Jangan Khawatir Tiru Saja Tipsnya

Berikut cara mengatur uang dengan gaji yang rendah agar bisa kaya.

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu di dunia ini bekerja menuju tujuan tertentu dan ini hanya dapat dicapai dengan keteraturan dan konsistensi.

Seiring kemajuan seseorang dalam hidupnya, ada banyak parameter yang menentukan kesuksesan dan gaji merupakan salah satu aspek kehidupan sehari-hari yang benar-benar menentukan seberapa bahagia kita menjalani hidup.

Melansir dari laman success story, Selasa (22/2/2021), berikut beberapa tips menjadi kaya walaupun dengan gaji yang kecil.

1. Sumber pemasukan 

Biasanya ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan. Bisa berupa pekerjaan kecil seperti petugas kebersihan atau bisa jadi seperti menjadi pemimpin di sebuah perusahaan. Namun yang penting adalah apa yang dilakukan seseorang dari pendapatan keseluruhan.

Ada kasus di mana seseorang mendapatkan banyak uang tetapi tidak dapat menabung sama sekali. Ada kalanya seseorang berpenghasilan sedikit namun mampu menabung banyak dan mengontrol pengeluarannya, justru orang-orang inilah yang pada akhirnya diuntungkan.

Nyatanya, kebanyakan orang di sekitar yang hidup hemat tidak benar-benar tahu berapa banyak yang mereka simpan atau menabung.

2. Penghasilan dan Tabungan Sederhana

Pendapat ahli mengatakan bahwa seorang investor harus berinvestasi. Seseorang yang berpenghasilan hemat dengan demikian dapat menabung sedikit demi sedikit dan memiliki usia tua yang sangat terjamin.

Ada orang yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, misalnya tidak mempunyai keluarga atau anak sehingga memberikan alasan yang cukup untuk bisa menabung lebih banyak, namun tidak semua melakukannya.

Penting untuk dipahami bahwa merubah gaya hidup dengan menabung adalah langkah pertama untuk mencapai keberuntungan di usia tua.

Biasanya itu akan menjadi sasaran pujian atau sasaran kritik. Tidak semua orang bisa membayangkan seorang pria dari latar belakang sederhana menjadi sangat kaya di usia tua.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Memiliki Penghasilan Itu Penting

Memiliki penghasilan itu penting dan besar atau kecilnya itu tidak penting. Namun berapapun pendapatannya, seseorang menjadi mangsa dari peningkatan pendapatan yang disebut inflasi gaya hidup.

Faktanya, ini adalah jebakan dan efek terbesarnya adalah kurangnya tabungan. Ketika seseorang mulai meningkatkan gaya hidup secara keseluruhan, maka pengeluaran juga meningkat dan seseorang mulai kehilangan minat pada tabungan.

4. Cara Terbaik Mengelola Tabungan

Ketika orang membelanjakan sekitar 90 persen atau kurang dari pendapatan, tabungannya akan sangat minim. Ini adalah jumlah kecil yang menarik yang dibutuhkan orang untuk menutupi kebutuhan mereka secara keseluruhan dalam kehidupan sehari-hari.

Orang-orang biasanya menghabiskan uang untuk meningkatkan gaya hidup mereka dan juga dalam kemajuan menuju tujuan yang lebih baik.

Sehingga mengurangi pengeluaran adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menabung dengan cara yang lebih baik.

Ada cara lain untuk mengurangi biaya keseluruhan, seperti menghemat air, listrik, dan lainnya. Pengeluaran yang sembrono pasti tidak akan membantu mencapai tujuan penghematan dan dengan demikian menjaga keseimbangan adalah kunci penghematan yang sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.