Sukses

Laris Manis, Mobil Maung Produksi Pindad Sudah Dipesan 100 Unit

PT Pindad segera meluncurkan kendaraan taktis seri Maung 4x4 versi sipil dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pindad segera meluncurkan kendaraan taktis seri Maung 4x4 versi sipil dalam waktu dekat. Meski belum final, Maung sudah dipesan lebih dari 100 unit.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, sudah banyak pihak yang memesan mobil taktis Maung ini. Jumlah pesanan yang masuk sudah lebih dari 100 unit.

"Kalau yang order sudah cukup banyak, tapi kita belum full masuk untuk sipil, masih uji coba. Order sudah lebih dari 100 (unit)," kata Abraham saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (16/2/2021).

Sebelumnya, Bupati Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto menjadi salah satu orang yang memiliki mobil taktis Maung versi sipil buatan PT Pindad (Persero). Harganya dibanderol sekitar Rp 600 juta.

Abraham bilang, seri Maung yang dikirimkan ke Hendy sudah merupakan versi sipil, bukan versi militer. "Itu sudah versi sipil yang versi 1," katanya.

Sementara itu, Inspektur Mutu PT Pindad Suriyadi mengatakan Hendy Siswanto merupakan bupati pertama di Indonesia yang membeli mobil Maung yang merupakan kebanggaan PT Pindad.

"Maung Pindad yang dibeli oleh Haji Hendy dipesan dengan warna khusus yakni hitam, kemudian diantar langsung dari pabrik sebelum dirombak secara khusus," tuturnya kepada media.

Mobil Maung Pindad baru tahun ini diluncurkan dan telah mendapat pesanan dari Kementerian Pertahanan untuk kendaraan taktis militer. Untuk versi sipil, kata dia, ada beberapa artis ibukota yang sudah memesan mobil yang bisa dipesan dengan warna tertentu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bupati Terpilih Jember Beli Mobil Maung Pindad Pakai Uang Pribadi, Harganya Rp 600 Juta

Bupati Jember terpilih Hendy Siswanto menjadi salah satu orang yang memiliki mobil taktis Maung versi sipil buatan PT Pindad (Persero).

Pembelian mobil karya anak bangsa ini dimaksudkan untuk memberi contoh bagi warga Jember dan masyarakat Indonesia dalam mendukung produk dalam negeri.

PT Pindad (Persero) mengirim satu unit mobil Maung dengan warna hitam sesuai pesanan ke Kantor Hendy Siswanto Center di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin.

"Saya membeli mobil tersebut untuk memberi contoh agar masyarakat Jember agar lebih cinta pada produk dalam negeri dan mobil itu dibeli dengan uang saya pribadi," kata Hendy seperti dikutip dari Antara, Selasa (16/2/2021)

Menurutnya, harga mobil tersebut relatif murah yakni sekitar Rp600 jutaan per unit.

Hendy menceritakan pengalamannya melintasi jalan yang rusak di beberapa pelosok di Jember selama masa kampanye beberapa waktu lalu.

"Untuk itu, saya membeli mobil Maung Pindad untuk mobil operasional karena dapat menembus daerah yang sulit diakses oleh kendaraan biasa, dimana kondisi geografis Jember berupa pegunungan dan bukit-bukit," kata mantan ASN Kementerian Perhubungan itu.

Ia mengaku siap mempromosikan mobil Maung Pindad tersebut agar laku di pasaran dan mengajak masyarakat lebih mencintai produk dalam negeri dengan membeli mobil nasional karya anak negeri.

3 dari 3 halaman

Bupati Pertama

Sementara Inspektur Mutu PT Pindad Suriyadi mengatakan Hendy Siswanto merupakan bupati pertama di Indonesia yang membeli mobil Maung yang merupakan kebanggaan PT Pindad.

"Maung Pindad yang dibeli oleh Haji Hendy dipesan dengan warna khusus yakni hitam, kemudian diantar langsung dari pabrik sebelum dirombak secara khusus," tuturnya kepada media.

Ia menjelaskan pembelian mobil Maung Pindad oleh Bupati Jember terpilih tersebut merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap produk dalam negeri.

"Saya berharap hal itu bisa memotivasi pejabat dari daerah lain untuk mendorong berkembangnya industri mobil nasional," katanya.

Mobil Maung Pindad baru tahun ini diluncurkan dan telah mendapat pesanan dari Kementerian Pertahanan untuk kendaraan taktis militer.

Selain untuk kendaraan militer, PT Pindad juga akan merilis Maung Pindad untuk warga sipil. Bahkan, kata dia, ada beberapa artis ibukota yang sudah memesan mobil yang bisa dipesan dengan warna tertentu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.