Ayo Hemat Duit, Dimulai dari Pemakaian Listrik di Rumah

Oleh Helena Yupita pada 04 Mar 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 04 Mar 2021, 07:00 WIB
Ilustrasi Hemat Listrik
Perbesar
Ilustrasi Hemat Listrik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta Biasanya, pengeluaran terbanyak orang yang sudah berumah tangga yakni dalam hal tagihan listrik. Beban ini terus muncul pada setiap bulan dan harus dilunasi. Listrik merupakan salah satu kebutuhan terbesar manusia, maka dari itu penggunaan listrik tidak dapat dihentikan secara drastis.

Namun, masih ada jalan untuk Anda tetap menanggung pembayaran tagihan listrik dengan biaya yang rendah. Penghematan terhadap pemakaian listrik di rumah akan membantu untuk mengurangi pengeluaran yang berlebih sebelumnya. Tidak sulit untuk menekan pemakaian listrik di rumah.

Melansir dari berbagai sumber, berikut tips mengurangi pengeluaran melalui hemat listrik.

1. Atur segala pemakaian alat elektronik

AC, kulkas, mesin cuci, pompa air, dan lainnya merupakan alat elektronik yang dapat dibilang memiliki daya listrik yang besar. Kontrol penggunaan alat tersebut dalam pemakaiannya, karena biasanya pemakaian alat-alat tersebut digunakan dengan tak terkontrol atau sesuka hati.

Misalnya untuk penggunaan AC tidak melulu harus menyala sepanjang waktu dan jangan terlalu bergantung. Nyalakan ketika waktu-waktu tertentu saja. Jika tidak mendesak, lebih baik tidak menggunakannya sama sekali karena sebenarnya tubuh memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar.

Opsi lain untuk pendingin ruangan yang lebih hemat listrik yakni kipas angin. Dengan begitu, tagihan listrik akan terasa berkurang dan Anda dapat dapat berhemat.

2. Lampu LED

Penggunaan alat elektronik penerang ruangan yakni lampu mungkin menjadi salah satu yang terbanyak. Di setiap sudut ruangan di rumah pasti dibutuhkan penerangan. Jika saat ini Anda masih menggunakan bohlam, hentikan mulai sekarang dan beralihlah ke lampu LED.

Ini akan sangat menghemat uang Anda melalui penggunaan listrik. Lampu LED memiliki daya listrik yang rendah, namun tetap dapat menerangi dengan maksimal. Daya lampu LED 7 watt setara dengan bohlam 60 watt.

Tentukan pilihan terbaik anda untuk menghemat pengeluatan listrik yang signifikan.

 

2 dari 4 halaman

3. Matikan alat elektronik saat tidak digunakan

Ilustrasi Hemat Listrik
Perbesar
Ilustrasi Hemat Listrik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Membiarkan listrik selalu menyala bahkan saat tidak digunakan merupakan pemborosan namun sering kali terjadi. Mungkin karena terbiasa dan tidak mengetahui dampaknya, padahal ini sangat merugikan sehingga membuat tagihan listrik meningkat.

Ubah kebiasaan buruk Anda dengan selalu mematikan semua lampu saat siang hari dan mematikan alat elektronik lainnya seperti televisi dan pendingin ruangan saat tidak dipakai.

4. Ganti alat yang sudah berumur lama

Usia 10 tahun untuk alat elektronik merupakan waktu yang lama dan itu tandanya Anda harus mulai menggantinya. Saat mengganti alat elektronik yang sudah tua menjadi produk baru, maka itu akan membantu untuk mengehmat listrik dan tentu mendapatkan alat dengan kualitas yang lebih baik.

Hal ini harus dilakukan karena alat elektronik yang sudah tua akan membutuhkan lebih banyak energi dan itu adalah pemborosan. Jangan terlalu sayang untuk menggantinya ke produk yang baru, karena Anda dapat menjual alat elektronik ke pembeli barang bekas walaupun harganya menurun. Namun Anda akan bisa berhemat kemudian dengan mendapat kualitas yang baik.

 

3 dari 4 halaman

5. Ajak semua anggota keluarga untuk ikut berhemat

AC Hemat Listrik Mengurangi Penyakit Akibat Global Warming
Perbesar
AC Hemat Listrik Mengurangi Penyakit Akibat Global Warming

Gerakan menghemat listrik ini tentu melibatkan semua anggota keluarga untuk turut serta satu misi. Saling mengingatkan kepada sesama anggota keluarga agar dapat saling bergerak bersama. Anda dapat saling mengigatkan dengan ucapan secara langsung atau dikemas dengan menulis pesan menarik yang ditempel di sudut-sudut rumah.

Dengan begitu, tujuan untuk mengurangi pengeluaran dengan menghemat listrik ini akan berhasil didukung dengan kebiasaan baik di keluarga.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓