7 Tanda Ini Bisa Buktikan jika Anda Orang Kaya

Oleh Liputan6.com pada 17 Feb 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 17 Feb 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi Miliarder
Perbesar
Ilustrasi orang kaya atau Miliarder (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang sering mempersepsikan orang kaya adalah mereka yang memiliki rumah mahal, sering berlibur ke luar negeri atau bisa membeli kapal pesiar mewah.

Meski begitu, beberapa juga menganggap kaya merupakan sesuatu yang relatif, tidak ada ukuran rigidnya. Kekayaan itu juga sering kali diidentikkan sebagai kebahagiaan. Sehingga makin kaya seseorang, maka dianggap makin bahagia pula hidupnya.

Meski sebenarnya pemaknaan terhadap bahagia itu juga berbeda-beda, beberapa menganggap bahagia tidak terpatok pada berapa banyak uang yang dimiliki.

Meski begitu, dikutip dari BusinessInsider.com, Rabu (17/2/2021) ada beberapa penilaian umum yang sering dipakai untuk mengklaim diri adalah orang kaya. Tujuh indikator tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bisa Menabung

"Banyak orang gagal menyadari bahwa dalam hidup, itu bukan tentang berapa banyak uang yang didapatkan, itu tentang berapa banyak uang yang disimpan," kutipan Robert Kiyosaki dalam "Roch Dad Poor Dad."

Pada kenyataannya, uang sering kali tidak bisa menyelesaikan masalah keuangan, yang ada justru memperburuknya. Seperti pemenang lotre yang kehilangan uangnya dalam beberapa tahun, meski ia sempat mendapat rejeki nomplok.

Karena itu, jika Anda mampu menabung uang yang dipunya, itu akan menjamin kondisi yang baik di masa depan.

2. Bisa Hidup Nyaman di Bawah Kemampuan Keuangan

Salah satu prinsip pengelolaan keuangan yang bijak ialah menerapkan gaya hidup di bawah kemampuan keuangan yang sebenarnya.

Memiliki pendapatan yang besar namun tidak berlebihan dalam berbelanja, singkatnya pengeluaran jauh lebih kecil dari pendapatan.

Hidup sesuai kemampuan sebenarnya bukan hal yang sulit, namun sebagian orang mungkin tidak bisa melakukannya.

Sebuah laporan pada tahun 2019 dari GoBankingRates, sebuah situs konsultan keuangan menyebut sepertiga dari orang Amerika hidup dari gaji ke gaji, atau menghabiskan semua gajinya untuk kebutuhan hidup mereka.

 

2 dari 4 halaman

3. Mampu Membeli Apa yang Diinginkan

Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race
Perbesar
Ilustrasi Miliarder Dunia. Unsplash/Hunter Race

Beberapa mempersepsikan seseorang dikatakan kaya apabila mampu berlibur ke luar negeri atau membeli kapal pesiar dengan membayar tunai.

Ini sebenarnya sama saja dengan orang yang bisa berlibur ke luar negeri atau membeli kapal pesiar setelah menabung beberapa tahun.

Menabung adalah prinsip penting dalam manajemen keuangan untuk bisa membeli sesuatu yang kita inginkan.

Survei GoBankingRates menunjukkan 45 persen orang Amerika tidak memiliki tabungan rumah tangga, dan sekitar 40 juta rumah tangga tidak punya tabungan untuk pensiun.

4. Bisa Pensiun Sesuai Rencana

Pensiun itu mahal. Para ahli mengatakan untuk bisa hidup mewah dan nyaman saat pensiun, setidaknya harus menyisihkan 70 hingga 80 persen dari pendapatan saat ini untuk tabungan masa tua.

Anda bisa jadi dikategorikan sebagai orang kaya apabila memiliki kemampuan untuk menentukan kapanpun ingin pensiun.

Karena sekalipun pindah ke kota yang biaya hidupnya lebih murah, masa pensiun tetaplah berharga mahal.

Usia pensiun umumnya 65 tahun, dan beberapa ahli di Amerika menyebut orang Amerika tidak bisa hidup tanpa penghasilan atau pensiun lebih dari 20 tahun. Karena itu, pensiun memerlukan persiapan keuangan jangka panjang.

 

3 dari 4 halaman

5. Tidak Menjadikan Nominal Uang sebagai Motivasi

banner infografis
Perbesar
Ilustrasi Miliarder (Liputan6.com/Deisy)

Satu benang merah yang bisa ditemukan dari cerita para miliarder dan pengusaha sukses ialah mereka cenderung tidak dipengaruhi oleh nominal uang untuk mebuatnya sukses.

Mereka cenderung fokus pada menyelesaikan masalah, memuaskan minatnya atau berambisi membangun jaringan bisnis sebanyak mungkin. Ini bukan berarti mendapat gaji yang besar atau mendapat investasi besar tidak bisa memunculkan kebahagiaan.

Namun, uang bukanlah satu-satunya sumber kebahagiaan tersebut. Akan lebih baik jika fokus melakukan sesuatu tanpa melihat nominal uang yang akan diperoleh.

6. Menjadikan Uang sebagai Sekutu

Jika kamu tidak takut dengan uang, malah cenderung menjadikannya sebagai alat atau partner, itu akan membantumi memperoleh semua yang kamu inginkan.

Salah satu kunci sukses orang kaya mengumpulkan banyak uang karena mereka tidak takut mengakui bahwa uang bisa jadi alat untuk menyelesaikan masalahnya.

"Kita diajari bahwa uang itu langka - sulit didapat dan lebih sulit disimpan. Jika kamu ingin mulai memikat uang, berhentilah melihatnya sebagai musuhmu dan anggaplah sebagai salah satu sekutu terbesar anda" sebut jutawan Steve Siebold kepada BusinessInsider.com.

7. Tidak Terjebak

Jika Anda belajar tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik, itu tidak akan membaw terjebak pada pekerjaan, tempat atau hubungan yang buruk.

Anda bisa mengambil keputusan apapun, karena keuangan yang baik akan membuka banyak kesempatan.

"Apa yang saya sadari dari waktu ke waktu adalah bahwa dalam banyak hal, uang berarti kebebasan," tulis jutawan dan pendiri NastyGal Sophia Amoruso dalam bukunya, "#GIRLBOSS.

Reporter: Abdul Azis Said

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait