Sukses

Ribuan Pelaku UMKM Kota Tangerang Dapat Izin Usaha Gratis

Ribuan pelaku usaha kecil dan menengah di Kota Tangerang, mendapakan Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan pelaku usaha kecil dan menengah atau UMKM di Kota Tangerang, mendapakan Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK, melalui kegiatan pekan layanan IUMK di sejumlah pasar tradisional di wilayah tersebut.

IUMK merupakan surat legalitas bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya. Selain untuk kepastian hukum, IUMK dapat menjadi sarana pemberdayaan pelaku usaha. 

"Sebelumnya, pelaku usaha dapat mengajukan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) secara online melalui Online Single Submission (OSS)," ujar Wali Kota Tangerang Arief R. Wismanysah.

Selain memberikan langsung surat IUMK tersebut, Arief juga ikut mensosialisasikan kepada masyarakat untuk segera mendaftarkan usahanya. Sebab dipastikan,Pemkot Tangerang memfasilitasi bagi pelaku usaha mikro kecil perseorangan dalam pendaftaran online secara gratis.

"Untuk saat ini, Pemkot yang bantu daftarkan dengan memberikan google form ke pelaku usaha untuk bisa kita daftarkan IUMKnya melalui OSS," katanya.

Dengan cara ini, setidaknya sudah ada seribu lebih UMKM yang sudah mendaftar. Bila syarat sudah terpenuhi, tinggal menerbitkan IUMK-nya secara gratis.

"Segera daftarkan diri secara online, mudah cuma 5 menit langsung jadi, nanti izinnya langsung dikirim via email," kata Arief. (Pramita Tristiawati) 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2.000 Pengunjung Serbu Gelaran PaDi UMKM Virtual Expo 2021

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar PaDi UMKM Virtual Expo 2021. Acara ini diharapkan dapat memperkuat sinergi kemitraan BUMN dengan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (BUMN), serta menumbuhkan jumlah transaksi di platform PaDi UMKM.

PaDi atau Pasar Digital UMKM dibentuk dengan tujuan membuka akses pasar yang lebih luas bagi UMKM untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah, khususnya BUMN.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala N Mansury, mengatakan dengan membangun ekosistem rantai nilai dan pasokan berkelanjutan antara BUMN dan UMKM, maka akan sekaligus dapat mendorong peningkatan dan daya saing beragam produk karya anak bangsa. Sinergi melalui PaDi UMKM ini pun diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

"Selaras dgn arahan kebijakan presiden untuk melakukan percepatan pemulihan ekonomi yang terdampak pademi, maka kemitraan antara BUMN dengan UMKM menjadi semakin penting karena punya peran strategi untuk kita tingkatkan dalam satu ekosistem ekonomi yang saling mendukung dan menguntungkan secara berkelanjutan," jelas Pahala dalam Peresmian Pembukaan PaDi UMKM Virtual Expo 2021 pada Senin (15/1/2021).

Pahala berharap interaksi bisnis yang terjadi selama acara virtual ini dapat dimanfaatkan secara optimal. Kemudian ditindaklanjuti dengan realisasi kemitraan usaha antara perusahaan BUMN dan UMKM.

"Kemitraan bisnis BUMN dengan UMKM akan semakin memperkuat ekosistem perekonomian nasional ke depan menuju Indonesia maju," tuturnya.

PaDi UMKM Virtual Expo 2021 digelar mulai hari ini, Senin 15 Februari 2021 hingga 22 Februari 2021 pada pukul 10.00 sampai 19.00 WIB. Tercatat lebih dari 2.000 buyer group (pengujung) BUMN yang siap mengunjungi 244 lapak UMKM dalam kegiatan ini.

"Semoga melalui virtual expo ini, buyer group BUMN semakin mengenal produk yang ditampilkan dalam pameran ini, dan akhirnya dapat meningkatkan belanjanya pada UMKM binaan organisasi maupun instansi," kata Ketua Panitia Pelaksana PaDi Virtual Expo 2021, Loto Srinaita Ginting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.