Sukses

Menteri KKP dan Sandiaga Uno Gotong Royong Bangun Wisata Bahari Indonesia

Pengemasan destinasi wisata bahari harus didukung oleh protokol kesehatan yang ketat.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dalam pertemuan tersebut Trenggono siap mendukung pengembangan wisata bahari di Indonesia.

Dia otimistis wisata bahari akan menjadi pilihan utama masyarakat. Alasannya, lokasi wisata bahari yang ditawarkan berada di area terbuka. Sehingga aman bagi pelancong yang berwisata di masa pandemi seperti sekarang.

"Kalau kita berharap pada destinasi wisata seperti zaman normal rasanya berat. Harus ada sesuatu yang menarik. Logikanya kalau orang berwisata di laut jauh lebih sehat. Image ini harus dibangun dulu," tutur Trenggono saat bertemu Sandiaga di Kantornya, Jakarta, Senin (15/2/2021).

Trenggono menjelaskan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memiliki pesisir dan ruang laut dari Sabang hingga Merauke yang bisa dimanfaatkan sebagai destinasi wisata bahari. Ada juga kapal-kapal tidak terpakai yang bisa dimanfaatkan menjadi restoran terapung sebagai destinasi wisata kuliner.

"Di beberapa titik kita punya kapal yang bisa di-upgrade untuk jadi restoran apung. Tapi jangan massa, yang khusus saja. Misal hanya untuk menampung 25 orang," kata dia.

Pengemasan destinasi wisata ini, lanjutnya, harus didukung oleh protokol kesehatan yang ketat. Selain itu juga harus memerhatikan kelestarian lingkungan supaya hasilnya tidak hanya pertumbuhan ekonomi masyarakat tapi juga terjaminnya keberlanjutan ekosistem pesisir dan laut.

Selain itu, pemanfaatan hutan mangrove juga bisa digunakan sebagai destinasi wisata pesisir. Bila dilengkapi dengan beragam atraksi menarik, dia yakin wisata mangrove bisa menjadi pilihan masyarakat.

"Dari mangrove ini juga bisa ada turunan-turunan ekonomi kreatif yang dihasilkan. Pokoknya kami siapkan dari Sabang sampai Merauke. Kita dukung penuh," kata Trenggono.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gandeng KLH

Dalam pengembangan wisata bahari mangrove ini, tambah Trenggono, dapat pula menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sehingga area yang dimanfaatkan bisa lebih luas.

Menanggapi itu, Sandiaga Uno mengatakan akan menyiapkan skema untuk menghidupkan lokasi-lokasi wisata bahari di Indonesia. Dia yakin, dengan adanya dukungan dari KKP, sektor pariwisata ini bisa menggeliat.

"Kita mau allout garap wisata bahari, mau kolaborasi," ujar Sandi.

Dia juga memuji program tambak udang milenial yang digagas KKP. Menurutnya, program tersebut dapat diintegrasikan dengan program-program di kementeriannya sehingga dampak ekonomi yang dihasilkan bisa lebih besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.