Sukses

Presiden Jokowi akan Resmikan 3 Bendungan Pekan Ketiga Februari 2021

Ketiga bendungan yang akan diresmikan Jokowi telah beroperasi dan dilakukan pengisian awal (impounding) sejak beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan meresmikan tiga bendungan pekan depan. Pernyataan itu diberikannya saat meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021).

"Nanti minggu depan kita akan resmikan lagi Bendungan Napun Gete, Bendungan Tapin, dan Bendungan Sindang Heula," kata Jokowi.

Ketiga bendungan tersebut sebenarnya telah beroperasi dan dilakukan pengisian awal (impounding) sejak beberapa waktu lalu. Bendungan Napun Gete berlokasi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah diisi air sejak Desember 2020.

Sementara Bendungan Tapin terletak di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan juga telah beroperasi dan dilakukan impounding pada Oktober 2020.

Sedangkan Bendungan Sindang Heula yang berada di Kecamatan Pabuaran, Serang, Banten juga telah dilakukan pengisian air sejak November 2019.

Bendungan-bendungan tersebut merupakan tiga dari 18 waduk yang pengerjaannya telah rampung pada kurun waktu 2015-2020. Adapun 15 bendungan lainnya antara lain Bendungan Rajui dan Payaseunara di Aceh, Jatigede di Jawa Barat, Titab di Bali, Bajulmati dan Nipah di Jawa Timur.

Kemudian Bendungan Teritip di Kalimantan Timur, Raknamo dan Rotiklot di NTT, Tanju dan Mila di Nusa Tenggara Barat (NTB), Logung dan Gondang di Jawa Tengah, Sei Gong di Kepulauan Riau, dan Tukul di Jawa Timur.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Telah Resmikan 10 Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, sejauh ini Jokowi telah meresmikan 10 dari 18 bendungan tersebut.

"Kemudian ada 3 lagi yang segera diresmikan. Nanti hari Selasa di Napun Gete di Maumere, NTT, dan hari Kamis di Tapin Insya Allah di Kalimantan Selatan," ujar Menteri Basuki.

Untuk 5 bendungan sisa, Menteri Basuki melanjutkan, mereka sebenarnya telah beroperasi meski tidak diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi.

"Tapi ada yang sudah dioperasikan tapi tidak diresmikan langsung oleh Presiden. Ada lima, satu Titab di Bali tahun 2016. Kemudian ada Logung di Kudus, Payaseunara di Aceh, Rajui di Aceh, Bajulmati di Banyuwangi. Jadi total ada 18 (bendungan) sampai sekarang," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.