5 Cara Tetap Hemat Saat Merayakan Tahun Baru Imlek

Oleh Helena Yupita pada 12 Feb 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 12 Feb 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi Imlek
Perbesar
Ilustrasi Imlek. Sumber foto: unsplash.com/Sharon McCutcheon.

Liputan6.com, Jakarta Tahun Baru Imlek  menjadi hari paling ditunggu masyarakat Tiongkok. Tak luput para pebisnis, seperti pusat perbelanjaan yang memasang dekorasi sesuai dengan tema. Serta mulai banyak bermunculan penawaran diskon atau potongan harga yang membuat banyak orang dan mungkin termasuk Anda jadi tergiur membelanjakan uang.

Melansir dari laman Compare Hero, ternyata ada banyak cara untuk menghemat uang di Tahun Baru Imlek ini agar tidak boros untuk sesuatu hal yang tidak dibutuhkan. Gunakanlah kesempatan untuk memulai tahun ini dengan tepat dengan mengatur keuangan Anda. Apa saja tips kelola keuangan saat Tahun Baru Imlek.

1. Dekorasi sederhana

Imlek adalah tentang dekorasi. Tapi Anda tidak perlu berlebihan dengan lampu dan lentera ekstra. Jika masih memiliki dekorasi tahun lalu yang disimpan, keluarkan semuanya dan gunakan kembali tahun ini untuk mempercantik rumah. Tidak perlu membeli yang baru hanya untuk membuat sebuah dekorasi. 

Alternatif lain, lihatlah beberapa video tutorial di media sosial untuk membuat dekorasi sendiri sesuai keinginan. Ini akan membantu memangkas budget berlebih saat Imlek.

2. Gunakan pakaian yang ada

Membeli baju baru setiap Imlek bisa jadi pemborosan. Orang terdorong dan membeli baju baru karena menjaga yang lama dianggap kembali untung. Anda masih bisa keluar dengan baju baru tanpa harus membeli baju baru.

Tata ulang lemari pakaian yang ada dan atur kembali koleksi pakaian Imlek yang kamu miliki sebelumnya, atau pakaian yang jarang atau belum pernah kamu pakai sebelumnya. Ada kemungkinan Anda akan menemukan sesuatu yang akan melengkapi perayaan tersebut.

Jika masih ingin membeli baju baru, Anda bisa memanfaatkan diskon Imlek di beberapa pusat perbelanjaan. 

Beberapa toko online juga memberi penawaran dan harga yang bagus, jadi periksa dan lihatlah apakah ada pakaian bagus yang bisa dipakai untuk perayaan.

3. Carilah penawaran makan

Banyak restoran lokal akan memanfaatkan waktu istirahat dan tidak buka untuk bisnis. Jadi, alih-alih mengajak keluarga ke restoran cepat saji, coba kunjungi situs seperti penawaran makan khusus.

Ini belum tentu masakan China, tetapi itu tidak berarti Anda harus makan junk food atau makan makanan yang tidak sehat.

2 dari 3 halaman

4. Kelola angpao

Kirab Cap Go Meh Solo
Perbesar
Seorang anak sedang memberikan angpau kepada liong saat kirab barongsai dan long menyambut Cap Go Meh di Solo Sabtu (8/2).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sebelum menyiapkan angpao untuk dibagikan, lunasi terlebih dahulu semua komitmen keuangan dan sisihkan tabungan bulanan Anda terlebih dahulu. Bahkan sebelum mulai menghitung berapa banyak yang dibutuhkan untuk uang angpao. Ini akan membantu menjaga keuangan Anda, jadi bersikaplah realistis.

Angpao ​​dimaksudkan sebagai hadiah simbolis untuk keberuntungan, jadi tidak perlu bersaing tentang siapa yang memberikan lebih banyak uang untuk Tahun Baru Imlek.

Jika berencana memberi angpao kepada anak teman Anda, tanyakan kepada orang tua apakah mereka merasa nyaman dengan jumlah yang diberikan kepada anaknya.

Jangan menjadi bibi atau paman yang memberi anak lebih banyak uang daripada yang mereka ketahui dan akhirnya menyebabkan keributan ketika orang tua harus mengambil uang. 

Sebaliknya, berikan uang angpao langsung kepada orang tua dan jelaskan bahwa itu adalah hadiah bagi anak mereka untuk memulai rencana menabung.

5. Jangan berlebihan membeli camilan

Setiap tahun, biasanya toko dan kios menjual camilan meriah dan jeruk mandarin hampir di setiap jalan. Namun dengan harga yang naik dan jumlah camilan yang turun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali berapa banyak yang akan dibelanjakan. Tetapkan anggaran tetap untuk makanan ringan, jangan terlalu boros untuk ini.

6. Ajari keluarga tentang trik uang baru

Penting bagi anak-anak untuk belajar tentang uang sejak dini. Selama perayaan Tahun Baru Imlek, anak-anak mungkin akan menerima uang dari teman atau kerabat.

Jadi gunakan kesempatan ini untuk mengajari mereka tentang mengelola uang. Duduklah bersama mereka dan jelaskan dasar-dasarnya, seperti pentingnya memiliki anggaran, menghemat uang, dan melunasi utang apa pun.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓