Sukses

Masih Banjir, GT Kertajati Tol Cipali Tertutup untuk Mobil Kecil

Jebolnya tanggul Sungai Cipelang membuat jalan dari arah pintu tol menuju BIJB Kertajati Tol Cipali tergenang air setinggi 70 cm hingga 1 meter.

Liputan6.com, Jakarta - PT Lintas Marga Sedaya (LMS) melaporkan, Gerbang Tol (GT) Kertajati di Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) saat ini masih digenangi banjir setinggi 50 cm. Akibatnya, pintu tol tersebut masih tertutup untuk kendaraan kecil golongan 1.

Kendati demikian, kendaraan besar golongan 2 ke atas saat ini sudah bisa melewati GT Kertajati, baik keluar maupun masuk menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB).

"Saat ini ketinggian air di jalan arteri pertigaan menuju ke BIJB Kertajati dan Kadipaten sekitar 50 cm, dan kondisi gerbang tol Kertajati sudah dibuka buat kendaraan golongan 2 ke atas," jelas Corporate Communication Dept Head PT LMS Theresia Dyah kepada Liputan6.com, Senin (8/2/2021).

Namun, Theresia belum bisa memastikan kapan GT Kertajati di Tol Cipali dapat dibuka untuk mobil golongan 1. "Jika air sudah surut dan bisa dilintasi oleh kendaraan kecil Gerbang Tol Kertajati akan dibuka," sambungnya.

Lebih lanjut, ia pun menerangkan kondisi banjir yang terjadi di sekitar Tol Cipali. Mulanya pintu masuk tol tidak banjir meski di pertigaan jalan sekitar 300 meter GT Kertajati tergenang air.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir di Luar Tol Cipali

Jebolnya tanggul Sungai Cipelang pada akhirnya membuat jalan dari arah pintu tol menuju BIJB Kertajati tergenang air setinggi 70 cm hingga 1 meter. Sehingga GT Kertajati ditutup sementara dan lalu lintas ke arah Tol Cipali dialihkan ke GT Sumberjaya atau Cikedung.

"Jadi banjir berada di luar Tol Cipali, bukan di Gerbang Tol Kertajati atau di Tol Cipali," kata Theresia.

Dia menuturkan, banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Cipelang hanya berdampak di ruas jalan arteri menuju GT Kertajati. Sehingga banjir tidak berdampak pada keseluruhan kegiatan operasional Tol Cipali.

"Yang terdampak dari jebolnya tangggul Sungai Cipelang hanya di wilayah Kertajati," ujar Theresia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.