Sukses

Kata BI Soal Uang Rp 100 Bergambar Jokowi: Cuma Anak Iseng di TikTok

BI meminta pelaku untuk tidak hanya meminta maaf, tetapi turut menghapus konten soal uang Rp 100 bergambar Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia maya dihebohkan dengan munculnya unggahan uang rupiah Rp 100 hasil redenominasi. Menariknya, dalam unggahan tersebut uang rupiah baru dengan nominal Rp 100 tersebut bergambar wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan gambar tersebut bukan dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI). "Yang pasti uang bergambar Pak Presiden itu Bukan dari BI tapi kami monitor," kata Erwin kepada Merdeka, Jakarta, Senin (8/2).

Erwin menilai, video yang tersebar di Tik Tok dan media sosial lainnya hanya kejahilan semata. Selain itu, para pelakunya pun sudah meminta maaf.

"Kelihatannya ini anak-anak iseng di Tiktok terus masuk Instagram dan juga FB. Kami dengar yang membuat sudah minta maaf," kata dia.

Meski begitu, Erwin meminta pelaku untuk tidak hanya meminta maaf, tetapi turut menghapus konten tersebut. Dia mengingatkan agar masyarakat lebih berhati-hati dalam hal tertentu, terutama yang menyangkut simbol negara.

"Kami ingin ajak masyarakat untuk berhati-hati urusan ini. Bagaimanapun Rupiah adalah lambang kedaulatan NKRI," kata Erwin.

Erwin menjelaskan, redenominasi yang direncanakan bank sentral tetap ada. Namun dalam pelaksanaanya sangat ditentukan dengan kondisi sosial, politik dan ekonomi yang ada.

Redenominasi sebenarnya juga tidak akan mengubah daya beli dari uang yang dimiliki. Namun kondisi sosial akan menentukan akseptasi masyarakat.

"Artinya, plesetan atau bahkan hasutan seperti dalam contoh tadi (video di Tik Tok) itu bisa terjadi dalam skala yang luas," kata dia.

Sehingga, lanjut Erwin kondisi sosial, politik dan ekonomi yang stabil menjadi sangat penting dalam implementasi redenominasi. Hal ini pun telah banyak terjadi di berbagai negara yang melakukan redenominasi mata uangnya.

"Pengalaman di banyak negara menunjukkan hal tersebut," kata dia mengakhiri.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heboh, Redenominasi Uang Rp 100 Bergambar Jokowi

Kemunculan uang rupiah baru yang sudah redenominasi menghebohkan media sosial. Uang tersebut bergambar Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan Liputan6.com pada Senin (8/2/2021), video uang tersebut diunggah akun jakarta.keras di Instagram.

 

"Katanya Indonesia mau redenomisasi. Jadi mata uangnya mau dikecilin nominalnya kayak dollar gitu," demikian keterangan yang tertulis. Video ini merupakan unggahan ulang dari TikTok.

Di dalam video tersebut tampak uang Rp 100 yang didominasi nuansa merah putih. Kemudian ada gambar Jokowi di salah satu sisinya.

Selain itu juga terdapat tulisan Bank Indonesia di bagian atas uang tersebut.

Link video Instagram: https://www.instagram.com/p/CK_DaKtAfbG/?utm_source=ig_web_copy_link

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.