3 Tips Cegah Stres dan Lelah Saat Bekerja dari Rumah

Oleh Liputan6.com pada 11 Feb 2021, 07:00 WIB
Diperbarui 11 Feb 2021, 07:00 WIB
Dukung Gerakan di Rumah Aja, Tokopedia Gratiskan Biaya Layanan Penjualan Produk Kesehatan
Perbesar
Ilustrasi bekerja dari rumah. (dok.Foto Mikayla Mallek/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Selama pemberlakuan masa penguncian (lockdown) akibat Covid-19, segala kegiatan harus dilakukan dari rumah. Kalau dipikir, segala aktivitas yang dilakukan dari rumah terkadang justru bisa membuat stres karena dilakukannya hampir bersamaan. Misalnya ketika orang tua harus bekerja sambil mengajarkan anak-anaknya belajar.

Ingin tidak ingin, tentu semua itu harus dihadapi. Namun, semakin lama mungkin Anda akan semakin terbiasa untuk mengatasi segala kesulitan yang ada.

Tiga tips ini juga mungkin bisa membantu Anda untuk mengatasi diri ketika bekerja dari rumah  terasa cukup membuat stres dan kelelahan, seperti melansir laman Forbes, Kamis (11/2/2021).

1. Buat Batasan

Salah satu hal terpenting ketika Anda bekerja dari rumah terus menerus adalah Anda harus tahu dan membuat batasan agar kesehatan mental tidak terganggu. Buatlah batasan untuk ruang dan waktu.

Misalnya, Anda membuat jadwal pukul berapa mulai dan di mana tempat untuk bekerja serta menentukan pukul berapa Anda memiliki waktu senggang.

Buatlah batasan spesifik mungkin. Namun, janganlah lupa untuk memastikan Anda telah mengomunikasikannya terlebih dulu dengan jelas kepada semua orang yang bekerja dan tinggal dengan Anda.

2. Ciptakan suasana dan pakai peralatan ergonomis

Hampir sebagian besar karyawan yang bekerja penuh waktu dapat menghabiskan waktu hingga 160 jam dalam sebulan dan mereka mengatakan betapa pentingnya ergonomis.

Ilmu ergonomi sendiri memiliki beberapa tujuan, seperti mencegah cedera di tempat kerja, meningkatkan produktivitas, dan membuat pekerjaan lebih menyenangkan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menanyakan apakah atasan Anda akan mengganti biaya tersebut atau tidak. Jika perusahaan tidak menyediakan, peralatan kantor ergonomis pada umumnya bisa jadi investasi yang baik.

Bahkan selama pandemi, meja pintar juga menjadi tren untuk melengkapi kebutuhan ketika bekerja. Salah satu barang tersebut akan membuat pekerja bisa duduk dengan tegap dan menghindari posisi sedikit membungkuk.

Duy Huynh, pendiri Autonomous.ai sebagai pemasok yang berbasis di California telah menjangkau hampir 130.000 pelanggan secara global dengan memberikan solusi SmartDesk yang sudah ada sejak 2015.

“Membungkuk di sofa dengan laptop pada akhirnya akan membuat leher dan punggung terganggu,” ujar Huynh.

Tempat bekerja yang baik setidaknya bagian monitor komputer sejajar dengan mata. Selain itu, gunakan pula kacamata anti radiasi untuk menghindari sakit mata karena terlalu lama menatap layar laptop.

Bersikaplah proaktif dan coba terus optimalkan workstation di rumah.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Hindari Junk Food

Ilustrasi Kerja dari Rumah
Perbesar
Ilustrasi kerja dari rumah. (dok. Unsplash.com/Mikey Harris @mikeyharris)

Ketika bekerja dari rumah mungkin Anda tergoda untuk membeli makanan cepat saji, seperti pizza. Namun di sisi lain, Anda harus tetap memperhatikan kesehatan.

Alangkah baiknya Anda harus disiplin dan berpola pikir untuk menghindari penyakit. Selain itu, juga pikirkanlah mengenai berat badan yang berlebih yang akan mempengaruhi energi dan aktivitas Anda ketika bekerja nanti.

Saat ini memang sedang tren berbelanja online, mulai belanja barang, makanan, hingga kebutuhan pokok lainnya.

Maraknya penjualan online di bidang makanan, Anda gunakanlah dengan bijak dengan membeli camilan yang sehat. Hal itu lebih baik ketimbang terlalu sering membeli junk food.

Pendiri NJDiet Arthur Turovets menyarankan kepada para pekerja yang bekerja dari rumah untuk fokus pada makanan yang sehat.

“Di rumah, rencanakan makanan dan camilan sehat dengan mengisi lemari es dan dapur dengan makanan yang sehat. Itu membantu untuk mengisi waktu luang ketika bekerja,” ujar Arthur.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓