Sukses

Sberbank Berbagi Rahasia Pengelolaan Pendidikan Korporat kepada BRI

Sberbank Bank merupakan salah satu lembaga perbankan Rusia. Menempati peringkat ke-27 sebagai bank terbesar di dunia dan yang terbesar se-Eropa Tengah dan Eropa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Situasi pandemi tak menghentikan berbagai perusahaan untuk terus mengembangkan kapasitas para pekerjanya dengan berbagai macam program pendidikan. Seperti dengan melakukan benchmarking dengan perusahaan global. BRI melalui BRI Corporate University yang melakukan diskusi pendidikan lintas negara dalam rangka membuka cakrawala baru dalam memperkaya  khasanah dunia pendidikan perbankan di tanah air.

Kali ini, BRI Corporate University melakukan pertukaran ide dengan salah satu bank asal Rusia, yakni Sberbank yang dilaksanakan secara virtual pada senin (01/02).

Sberbank merupakan salah satu lembaga perbankan Rusia, yang memiliki lebih dari 14.000 cabang dan 278.000 pekerja. Bank yang bertempat di Moskow ini, menempati peringkat ke-27 sebagai bank terbesar di dunia dan yang terbesar se-Eropa Tengah dan Eropa Timur.

Diskusi yang dihadiri oleh Chief Learning Officer BRI Corporate University Andreas Hasim dan Head of Sberbank University Igor Baranov membahas mengenai berbagai program dan metode pendidikan yang digunakan oleh Sberbank selama periode pandemi yang melanda ekonomi global.

Igor Baranov menyampaikan dalam diskusi tersebut, Sberbank sangat mengutamakan kebutuhan customer dan tetap melayani selama situasi sulit. Ia mengungkapkan, untuk mengakomodir berbagai layanan tersebut Sberbank menyediakan Sber Ecosystem, yakni ekosistem finansial yang lengkap dan melayani seluruh kebutuhan customer mulai dari food, career, health, finance, transportation, education, real estate hingga entertainment.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembangkan Solusi Pembelajaran Jarak Jauh

Dalam hal pendidikan Sberbank juga menyediakan konsep ADDIE yang dipilih Sberbank untuk mengembangkan solusi pembelajaran jarak jauh yang didukung dengan digital platform. Di tengah penjelasannya, Igor juga menyampaikan bahwa Sberbank memiliki laboratorium pusat riset robotika yang mendukung operasional perbankan dan keuangan serta mendukung peningkatan skil pekerjanya dalam hal digital banking. Hal ini, akan mendukung dan mempercepat perkembangan inovasi di Sberbank. Sberbank University juga bekerjasama dengan penyedia konten external seperti Edx, Coursera, IBM, Pearson untuk memperkaya jumlah dan meningkatkan kualitas konten pembelajaran.

“Ketika kalian bekerjasama dengan penyedia konten external, kalian harus benar-benar memahami apa yang kalian inginkan dan harus mengkomunikasikannya dengan serius agar apa yang mereka berikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan kalian,” papar Igor membeberkan rahasianya.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Kelembagaan dan BUMN BRI Agus Noorsanto juga memberikan komentar, bahwa BRI Corporate University juga sedang mengembangkan personalisasi pendidikan untuk para pekerja dengan membangun personalized learning dashboard.

“Nantinya personalized learning dashboard dapat menggambarkan kebutuhan pendidikan setiap pekerja meliputi training, coaching, mentoring, dan sertifikasi,” ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Program Pendidikan Jangka Panjang BRI

Selain itu, BRI memiliki sejumlah program pengembangan sumber daya manusia yang dikhususkan untuk meningkatkan kualitas SDM secara jangka panjang, diantaranya BRIliaN Specialist Development Program, BRIliaN Leader Development Program, BRIliaN Bright Scholarship Program, BRIliaN Global Leader Program, BRIliaN Society Elite Advancement Program, dan BRIliaN Leader Retirement Program.

Program-program tersebut telah dijalankan oleh BRI untuk mempertajam dan mengembangkan kemampuan, serta kompetensi talent-talentnya agar dapat unggul di Industri perbankan. Program pengembangan tersebut  merupakan bagian dari transformasi perusahaan dan menjadi upaya BRI untuk mendapatkan talenta-talenta terbaik untuk memberi makna Indonesia.

Tidak hanya itu, BRI Corporate University juga terus berinovasi dengan mengubah metode pembelajaran menjadi New Way of Learning yang lebih mengutamakan learning experience peserta. Dalam mendukung implementasi strategi perusahaan, salah satunya dengan menyediakan konten-konten pembelajaran yang sesuai dengan tema strategi perusahaan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.