Sukses

Perhatikan Kondisi Keuangan, Jangan Sampai 5 Hal Ini Terjadi

Simaklah penjelasan berikut mengenai lima kesalahan finansial.

Liputan6.com, Jakarta Jangan salah, ketika Anda sembarang atur uang, bisa jadi nanti akan muncul kesalahan-kesalahan yang terjadi sehingga dapat memengaruhi kondisi keuangan. Karenanya, Anda seharusnya mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan tersebut agar bisa menghindarinya.

Selagi masih awal tahun, perbaikilah dan rencanakan keuangan dengan baik karena uang merupakan suatu hal yang berperan penting dalam kehidupan terutama bidang ekonomi. Tentunya jika Anda ingin kaya, pergunakanlah uang dengan bijak.

Oleh karena itu, agar Anda mengetahui apa saja kesalahan yang dapat memengaruhi kondisi keuangan, simaklah penjelasan berikut mengenai lima kesalahan finansial, seperti melansir laman Enterpreneur, Sabtu (6/2/2021).

1. Tidak mempertimbangkan biaya atau pengeluaran

Terlalu banyak barang atau kebutuhan yang dibeli hingga terkadang membuat diri sendiri tidak terkendali.

Terlebih jika Anda menggunakan kartu kredit atau cicilan. Tak terasa tagihan akan tertumpuk. Jika sudah begitu, pasti Anda sendiri yang akan kewalahan mengatasinya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mempertimbangkan segala biaya atau pengeluaran. Baik itu biaya yang sedikit maupun yang banyak. Dengan begitu, tentu Anda tidak perlu takut lagi karena memiliki tagihan yang banyak.

2. Tidak mengerti pajak

Saat ini sangat penting sekali untuk memerhatikan soal pajak. Bahkan mungkin hampir di setiap pembelanjaan akan dikenakan pajak, seperti membeli makanan, barang, atau kebutuhan lainnya.

Selain hal itu, ada pula pajak yang biasanya wajib dibayarkan setiap bulannya jika Anda memiliki kendaraan atau rumah. Karena sekarang segalanya menggunakan pajak, untuk itu Anda harus mengetahui dan mempelajarinya.

3. Menunda niat berinvestasi

Tidak tepat jika Anda berinvestasi ketika sudah kaya. Padahal baiknya, berinvestasilah sesegera mungkin karena dari situlah Anda akan mendapat banyak uang.

Perjalanan Anda memiliki kekayaan yang berlimpah berawal dari investasi yang dijadikan keharusan. Untuk itu, sisihkan uang dan kembangkanlah jadi berlipat-lipat.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Menggunakan dana darurat untuk alasan yang tidak penting

Seperti kita ketahui, dana darurat digunakan ketika benar-benar dalam situasi dan kondisi sangat darurat.

Dana tersebut disisihkan jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tak terduga. Umumnya dana darurat dimiliki setiap orang minimal untuk biaya hidup 3-6 bulan ke depan. Namun, seringkali seseorang justru menggunakannya disaat waktu yang tidak tepat. Seringkali menggunakannya untuk hal-hal tidak penting. Tentu hal itu tidak baik bahkan tidak tepat.

Oleh karena itu, pergunakanlah dana darurat dengan bijak dan pada saat yang tepat.

5. Tidak memprioritaskan kesehatan

Kesehatan tentu memengaruhi segalanya. Fisik, mental, emosional saling berhubungan. Karenanya, selalu berikanlah hal positif untuk ketiganya dan prioritaskan.

Ketika salah satu sudah terganggu tentu akan saling memengaruhi. Belum lagi jika Anda jatuh sakit hingga masuk ke rumah sakit.

Tentu penanganan medis tidak murah dan perlu banyak mengeluarkan uang untuk berobat. Oleh karena itu, tetap prioritaskanlah kesehatan Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.