Sukses

Perhatikan, Begini Alur Tes Covid-19 dengan GeNose di Stasiun buat Calon Penumpang KA

Saat disimak alur tes Covid-19 dengan alat GeNose di stasiun cukup sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Alat skrining Covid-19 GeNose bakal segera dipasang pada beberapa stasiun Kereta Api (KA) sebagai syarat calon penumpang kereta bisa melanjutkan perjalanan. Rencananya, alat GeNose ini resmi diterapkan di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu, pada 5 Februari 2021.

Dalam uji coba yang dilakukan di Stasiun Pasar Senen pada Rabu, 3 Februari 2021 ini, calon penumpang diberi kemudahan dalam melakukan tes dengan GeNose.  Saat disimak alurnya juga cukup sederhana.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (3/2/2021), sesampainya di stasiun, calon penumpang akan diarahkan untuk membayar biaya tes GeNose ke loket yang tersedia. Biayanya Rp 20 ribu untuk satu orang.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Lalu, calon penumpang akan diberi kantung plastik sebagai media tes GeNose. Setelah itu, calon penumpang diarahkan untuk pengambilan embusan napas di lajur yang sudah disediakan.

 

3 dari 4 halaman

Tahap Berikutnya

Setelah kantung plastik penuh terisi embusan napas, calon penumpang dapat meletakkan kantung tersebut di kotak yang tersedia. Kemudian, calon penumpang bisa langsung duduk dan menunggu hasil tes keluar.

 

4 dari 4 halaman

Lihat Hasil Tes

Kantung plastik berisi embusan napas tersebut akan dibawa oleh petugas tes ke bagian pemeriksaan. Jika hasil tes sudah keluar, petugas KA akan memanggil nama calon penumpang. Rentang waktunya cukup singkat, sekitar 5 hingga 10 menit.

 

Bila hasil tesnya negatif, maka calon penumpang dapat melanjutkan perjalanan dengan hasil tes tadi. Bila positif, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke ruang isolasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.