Sukses

Direksi Taspen Beri Bantuan ke Guru di NTT

Guru SDI Balela Kelurahan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Ribka Niti mendapatkan bantuan puluhan juta rupiah dari Direksi PT TASPEN (Persero).

Liputan6.com, Jakarta - Guru SDI Balela Kelurahan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), bernama Ribka Niti mendapatkan bantuan puluhan juta rupiah dari Direksi PT Taspen (Persero). Bantuan tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama TASPEN A.N.S Kosasih setelah mendengar permasalahan Ribka Nitti.

Bantuan yang disampaikan Kosasih melalui komunikasi video dengan Ribka pada Senin 24 Mei 2021 lalu membuat ibu guru ini terharu. Dia menyampaikan terima kasih kepada Kosasih dan Taspen.

"Terima kasih banyak, terima kasih banyak. Saya tidak bisa membalas kebaikanmu. Saya hanya balas lewat doa," kata Ribka dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Kisah pilu Ribka mencuat ke publik, sepekan terakhir. Ini terjadi setelah Ribka dipensiunkan secara tiba-tiba dan diminta untuk mengembalikan uang negara sebesar Rp36 juta.

Kosasih merasa tersentuh dengan persoalan yang mendera Ribka. Total uang yang diberikan kepada Ribka senilai Rp50 juta, dalam bentuk tunai.

"Ini bantuan dari pribadi saya. Saya juga anak dari seorang guru. Semoga bantuan ini bermanfaat untuk Ibu Ribka dalam mempersiapkan masa pensiun," kata Kosasih.

Selain itu, Kosasih juga berkomitmen untuk membantu proses dana TaspenRibka yang secara otomatis dipotong dan diserahkan kepada negara. Bantuan itu, menurutnya, akan dilakukan setelah Pemerintah Daerah Flores Timur mengirimkan surat resmi.

"Kalau soal proses di pemerintahan, kami tidak bisa intervensi. Pada prinsipnya, kalau sudah ada surat resmi dari pemerintah, Taspen siap kembalikan semua uang yang menjadi hak ibu Ribka," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kisah Guru Ribka

Persoalan pensiun Ribka bermula pada 13 Januari 2021. Saat itu Ribka dipanggil oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Flores Timur untuk membicarakan soal status pensiunnya.

Pada saat pertemuan itulah, Ribka baru mengetahui bila dirinya telah berstatus pensiun sejak 4 Februari 2020. Ribka pun kaget karena belum mendapatkan informasi mengenai masa persiapan pensiun (MPP). Bahkan, ia tetap menjalankan tugasnya sebagai guru seperti biasa.

Ribka mengaku tak tahu menahu bahwa dirinya telah pensiun. Tak ada sosialisasi apapun kepadanya terkait status pensiun sehingga harus membayar uang sebesar Rp36 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.