Sukses

Nih, 6 Tips Hemat Anggaran Bulanan Buat yang Doyan Makan

Berikut cara menghemat anggaran makanan bulanan.

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan berbelanja dan pengeluaran untuk makanan sering kali mewakili sebagian besar anggaran bulanan rata-rata, tidak seperti tagihan TV atau keanggotaan olahraga, ini adalah pengeluaran yang tidak bisa di hilangkan begitu saja. Semua orang perlu makan dengan apapun caranya untuk bertahan hidup.

Namun, ada banyak cara untuk memangkas biaya makanan dengan membuat perencanaan sebelumnya, berpikir kreatif, dan meluangkan sedikit waktu dan upaya ekstra.

Melansir dari the balance, berikut beberapa tips untuk membantu memangkas anggaran makanan Anda secara signifikan.

1. Rencanakan Menu Makanan Mingguan

Rencanakan menu makan mingguan sebelumnya, agar saat membuat masalan lebih mudah dan tidak perlu lagi bingung karena menatap kosong lemari es sambil bertanya-tanya apa yang bisa di masak dengan bahan-bahan yang dimiliki. 

Ini mengurangi banyak stres, mengurangi limbah makanan, dan membantu memastikan bahwa Anda hanya membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk minggu tersebut.

2. Buat Daftar Belanjaan

Kembangkan daftar berdasarkan rencana makan minggu berikutnya, dan jangan memasuki toko bahan makanan tanpa daftar itu. Carilah hanya hal-hal yang ada di daftar saja, tidak perlu mengambil sesuatu dari penutup lorong hanya karena itu menarik perhatian Anda.

Konsisten untuk berbelanja sesuai daftar yag sudah direncanakan, akan sangat membantu menghemat anggaran Anda untuk keperluan lain yang sangat dibutuhkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Persediaan Makanan Dasar

Makanan seperti pasta, nasi, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur adalah makanan pokok yang sehat dan murah yang dapat menjadi bahan dasar untuk sejumlah makanan yang dapat disiapkan dengan cepat. Selalu simpan beberapa di lemari es Anda sebagai persedian jika sewaktu-waktu Anda lapar dan makanan di meja habis.

4. Masak Sendiri 

Ada banyak sekali resep online murah dan sehat yang membutuhkan waktu tak lama untuk disiapkan. Bisa juga membuat sesuatu dalam jumlah besar dengan alat dapur yang dimiliki sehingga Anda dapat makan lebih hemat. Semakin banyak makanan yang dimasak sendiri, semakin sedikit Anda akan membayar untuk makanan kenyamanan di restoran.

3 dari 3 halaman

5. Jangan Biarkan Sisa Terbuang

Pemborosan makanan sangat menyedot uang, jadi belajarlah menggunakan sisa makanan dengan cara yang kreatif. Omelet, tumis, casserole, dan salad adalah cara yang bagus untuk menghabiskan sisa sayuran dan daging dan jangan biarkan itu hanya berakhir di lemari es.

6. Terkadang Jadilah Vegetarian

Membuat beberapa makanan tanpa daging setiap minggu dapat membantu Anda menghemat uang. Cobalah pengganti protein seperti kacang-kacangan dan polong-polongan. Tidak hanya lebih murah, itu juga tinggi serat dan rendah lemak dan tetap membuat Anda merasa kenyang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.