Sukses

Nilai Kontrak Rp 9,5 Triliun, Lionel Messi jadi Atlet Termahal Sepanjang Sejarah Olahraga

Peraih enam kali gelar Ballon D'or Lionle Messi dikabarkan mendapatkan gaji USD 168,5 juta untuk satu musim.

Liputan6.com, Jakarta Klub sepak bola raksasa asal Spanyol, Barcelona FC kembali menuai sorotan usai bocornya nilai kontrak klub dengan pemainnya, Lionel Messi yang bernilai fantastis.

Sebuah surat kabar di Spanyol, El Mundo mengungkap nilai kontrak Messi senilai USD 673,8 juta atau hampir Rp 9,43 triliun.  Kontrak ini mengantarkan Lionel Messi jadi atlet dengan bayaran termahal dalam sejarah industri olahraga.

Peraih enam kali gelar Ballon D'or tersebut dikabarkan mendapatkan gaji USD 168,5 juta (Rp 2,3 triliun) untuk satu musim. Nilai tersebut sudah termasuk gaji sebagai pemain, pendapatan iklan, bonus dan insentif lainnya.

Bersamaan dengan kontrak mewahnya dengan Lionel Messi, laporan El Mundo juga menyoroti masalah utang klub yang terus menggendut selama beberapa tahun terakhir.

Barcelona memiliki utang USD 1,42 miliar atau hampir Rp 19,8 triliun, yang mana lebih dari setengahnya merupakan utang jangka pendek. Ini termasuk utang sebesar Rp 2 triliun kepada puluhan klub untuk transfer pemain yang masih belum dibayar.

Klub mulai dihantui ancaman bangkrut setelah mengalami penurunan pendapatan dan resiko gagal bayar utang sebagaimana yang tertulis dalam laporan tahunannya.

Dikutip dari Forbes, Barcelona FC melaporkan adanya peningkatan jumlah utang musim 2020 menjadi dua kali lipat, sementara pendapatannya justru berkurang USD 240 juta akibat pembatasan jumlah penonton selama Covid-19.

Sebagai upaya mengatasi masalah ini, klub dikabarkan kembali menarik investor lewat aset digital. Selain itu klub berusaha memggenjot pemasukan lewat akademi sepak bola yang mereka punya hingga membuka lini bisnis baru yang khusus mengelola penjualan merchandisenya klub.

Menanggapi laporan yang dirilis El Mundo, klub membantah kontrak jumbo messi jadi salah satu penyebab membengkaknya utang korporasi.

Dikutip dari BBC Sport, Klub berencana mengambil tindakan hukum atas laporan tersebut. "Barcelona FC dengan tegas membantah bertanggungjawab atas pemberitaan tersebut, dan akan mengambil tindakan hukum terhadap surat kabar El Mundo atas segala kerugian yang mungkin ditimbulkan akibat pemberitaan ini."

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berakhirnya Kontrak dengan Klub

Lionel Messi memperbarui kontraknya pada November 2017 dengan jangka waktu empat tahun dengan Barcelona FC.

Peraih enam kali penghargaan Ballon D'or ini sempat dikabarkan akan meninggalkan klubnya di akhir musim 2019-2020. Kabar ini mencuat usai perseteruannya dengan presiden klub saat itu, Josep Maria Bartimeu.

Namun, dalam sebuah wawancara dengan Goal dikutip dari Forbes, Messi menyebut tidak bisa meninggalkan klub hingga bulan Juni tahun ini tanpa membayar klausul jutaan dolar AS.

"Dan ini alasan mengapa saya akan melanjutkannya di klub (Barcelona). Sekarang saya akan akan melanjutkan bersama klub karena presiden klub mengatakan bahwa satu-satunya cara untuk meninggalkannya dengan membayar klausul USD 823 juta dan itu mustahil."

Usai kepergian Bartomeu sejak Oktober tahun lalu, kini Barceloa akan mendapatkan penggantinya lewat pemilihan 7 Maret mendatang.

Tiga kandidat terkuat yaitu mantan presiden Barcelona FC, Joan Laporta, Pengusaha Victor Font dan mantan pengurus Klub, Toni Freixa. Ketiganya sama-sama telah menyatakan keinginannya agar Messi tetap bermain untuk klub.

Reporter: Abdul Azis Said 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • atlet termahal