Sukses

Begini Cara Mudah Atur Keuangan Keluarga demi Masa Depan

Evaluasi situasi keuangan keluarga dengan cepat.

Liputan6.com, Jakarta Mulailah hidup dengan anggaran yang sesuai untuk diri sendiri dan keluarga. Buatlah pilihan keuangan yang sehat untuk menghilangkan utang, mengurangi biaya, menghemat uang, dan memperpanjang gaji tanpa terus-menerus menghitung angka. 

Evaluasi situasi keuangan keluarga dengan cepat dan mulailah menabung dengan tips mudah ini untuk mengatur finansial atau keuangan keluarga, melansir dari laman the balance, Minggu (31/2/2021).

1. Buat Anggaran

Langkah pertama untuk hidup dengan anggaran terbatas adalah melacak pendapatan dan pengeluaran keluarga.

 Kumpulkan semua tagihan, potongan gaji, laporan bank, dan semua yang Anda miliki yang menunjukkan uang masuk atau keluar. Tulislah anggaran hemat untuk mengelola uang tersebut.

Ketika mengepakkannya setiap bulan tanpa memikirkan anggaran, Anda melewatkan peluang untuk memangkas biaya yang tidak perlu dan menghemat uang. Beberapa menit yang dihabiskan untuk membuat anggaran sekarang dapat menghemat banyak uang nantinya.

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Saat berjuang dari bulan ke bulan hanya untuk membayar tagihan, menabung tampaknya seperti tujuan jangka panjang yang selalu di luar jangkauan. 

Apakah Anda ingin menabung untuk biaya kuliah anak atau ingin menyisihkan uang untuk masa pensiun, menetapkan tujuan keuangan adalah langkah penting dalam melindungi masa depan keluarga.

Jangan abaikan tujuan jangka pendek juga. Sasaran keuangan dapat mencakup pengurangan cepat pada tagihan listrik, tagihan kabel, dan pengeluaran lain yang membuat Anda tidak dapat menabung lebih banyak setiap bulan.

3. Terbebas dari Utang

Berutang bisa membuat Anda sulit. Namun mengelola utang itu mudah jika menetapkan tujuan yang realistis. Sebuah rencana pengelolaan utang dapat dibangun ke dalam anggaran sehingga Anda dapat melunasi kartu kredit, hipotek dan menghilangkan utang secara keseluruhan.

Anda mungkin tidak dapat melunasi semua hutang hari ini, tetapi buatlah rencana yang realistis untuk berusaha melunasi utang tersebut.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Rencanakan Dana Darurat 

Tekanan krisis keuangan dapat membebani finansial keluarga. Membentuk dana darurat akan membantu untuk menabung untuk pengeluaran tak terduga.

Asuransi jiwa dan surat wasiat juga dapat melindungi keluarga dari kesulitan keuangan jika sesuatu terjadi pada Anda atau pasangan. Manfaat dan tenangan pikiran, ini sering kali lebih besar daripada biayanya.

5. Kontrol Pengeluaran untuk Makanan

Kurangi biaya memberi makan keluarga dengan anggaran makanan yang terencana dengan baik. Hemat uang untuk belanjaan dengan daftar belanjaan menggunakan dari resep favorit keluarga. 

Anda akan selalu tahu apa yang dibutuhkan dan dapat melihat penjualan barang kebutuhan pokok. Ini tetap akan membuat dapur terisi tanpa harus membayar harga penuh.

Kurangi membeli makanan di luar dan sebaiknya masaklah sendiri di rumah, itu akan sangat menghemat.   

6. Anggaran untuk Perjalanan

Banyak keluarga mengira liburan adalah penghancur anggaran otomatis. Namun, meregangkan uang perjalanan dapat membuat perjalanan impian menjadi kenyataan. 

Dengan beberapa langkah ekstra, Anda dapat menghemat uang saat liburan untuk menjadikan liburan sebagai bagian dari anggaran.

Jika merasa anggaran tidak memungkinkan keluarga untuk bepergian, rencanakan staycation yang membuat semua orang tetap dekat dengan rumah tetapi masih memiliki ruang untuk perjalanan sehari dan aktivitas menyenangkan agar sesuai dengan anggaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.