Sukses

Harapan Besar Pengusaha Muda untuk Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Kapolri Listyo Sigit diharapkan mampu membawa Polri menjadi institusi yang benar-benar presisi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Mardani H. Maming mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Pelantikan ini dilakukan usai  Listyo Sigit Prabowo lolos uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI.

"Selamat kepada Bapak Listyo Sigit Prabowo atas dilantiknya menjadi Kapolri. Semoga amanat dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya serta membawa Polri makin maju dan profesional," ujar Maming, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (27/1/2021).

Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan ini berharap Polri dapat lebih memaksimalkan koordinasi dan komunikasi antar lembaga guna memudahkan dan menyelesaikan berbagai macam pekerjaan rumah dan permasalahan. Maming juga berharap, Polri ke depannya dapat lebih bersahabat dengan masyarakat dan selalu hadir di tengah rakyat tanpa melihat pangkat dan jabatan serta keterbatasan.

"Kami apresiasi Pak Listyo Sigit Prabowo yang ingin melayani masyarakat dengan cepat. Tentunya hal ini harus dapat direalisasikan dalam program 100 hari kinerjanya sebagai prestasi ke depannya usai dirinya menjabat sebagai Kapolri," ucapnya.

Selain itu, diharapkan juga, Kapolri Listyo Sigit mampu membawa Polri menjadi institusi yang benar-benar presisi. Konsep presisi yang diusung Kapolri Listyo Sigit menjadi harapan baru bagi seluruh masyarakat Indonesia terhadap Korps Bhayangkara.

"Semoga Bapak Kapolri dapat segera mewujudkan konsepsi Polri yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan. Tentunya tanpa meninggalkan citra Polri yang humanis, mengayomi, dan melayani," ungkapnya.

Masyarakat, kata Maming, ingin Polri semakin modern dan inovatif menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks. Kemudian, pada situasi pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih berlangsung, pihaknya yakin Kapolri baru mampu mengatasi persoalan-persoalan tersebut, dan meneruskan prestasi-prestasi kepolisian.

"Kriminalitas kini semakin banyak tidak hanya kejahatan jalanan. Terlebih di era seperti sekarang ini dimana kejahatan bergerak secara virtual tanpa mengenal waktu dan tempat," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilantik Jokowi, Listyo Sigit Prabowo Resmi Jabat Kapolri

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, Rabu (27/1/2021) di Istana Negara Jakarta. Listyo menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden RI Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI. Setelah itu, dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Jokowi.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata," kata Jokowi diikuti Listyo Sigit Prabowo.

Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Setelah itu, dibacakan Keputusan Presiden Nomor 7 Polri Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi Polri oleh Sekretaris Militer Presiden.

Dengan begitu, Listyo Sigit Prabowo resmi menjadi Jenderal Polisi berbintang empat. Jokowi lalu menyematkan bintang keempat di pundak Listyo serta menyerahkan tongkat kepolisian.

Dalam kesempatan ini, hadir pula mantan Kapolri Jenderal Idham Azis. Pelantikan Kapolri menerapkan protokol kesehatan di mana semua tamu undangan memakai masker serta face shield dan menjaga jarak aman.

3 dari 3 halaman

DPR Berikan Persetujuan

Untuk diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan restu kepada Listyo Sigit, calon tunggal pilihan Presiden Jokowi untuk memimpin Polri. Keputusan tersebut diambil melalui sidang paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR, Puan Maharani.

Paripurna digelar sehari setelah Listyo Sigit Prabowo menyelesaikan tahapan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri yang diselenggarakan Komisi III DPR. Sidang paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta pada Kamis (21/1/2021) siang ini diawali dengan penyampaian laporan Komisi III terkait hasil fit and proprer test calon Kapolri.

"Komisi III DPR RI menyetujui calon Kapolri yang diusulkan Presiden Republik Indonesia. Komisi III DPR RI juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Jenderal Polisi Idham Azis," kata Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni, Kamis 21 Januari 2021.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik visi dan misi Komjen Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan dalam fit and proper test di Komisi III DPR RI. Menurut Puan, calon tunggal Kapolri itu memiliki semangat transformasi membawa Polri menjadi lebih baik.

"Kita sudah mendengarkan visi misi calon Kapolri saat uji kelayakan. Ada semangat tranformasi di tubuh Polri," ungkap Puan, Kamis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.