Sukses

Ikuti Cara Mudah Pangkas Pengeluaran Uang yang Tidak Perlu

Tips efektif dan mudah untuk kurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aspek yang lebih sulit dari keuangan pribadi adalah mencari cara terbaik untuk menggunakan uang. Bagi generasi sekarang ini biasanya akan sulit mencari cara untuk menghemat uang saat memiliki anggaran kecil.

Namun, kunci untuk mengurangi pengeluaran adalah dengan mengurangi sedikit di setiap area, dan mengeluarkan sebagian besar anggaran sekaligus.

Mungkin dibutuhkan sedikit usaha pada awalnya, tetapi tekanan finansial Anda akan mulai berkurang setelah menabung dan melunasi lebih banyak utang.

Berikut adalah cara sederhana namun efektif untuk mengurangi pengeluaran dan meningkatkan tabungan, dilansir dari laman the balance, Kamis (28/1/2021).

1. Masukkan Bonus ke Tabungan

Tidak ada perasaan yang lebih baik daripada menemukan uang di saku jaket atau saat sedang membersihkan apapun. 

Daripada mengantongi uang tunai itu dan berpotensi hilang lagi, bayar diri Anda terlebih dahulu dengan menyetorkannya ke rekening tabungan secara otomatis. 

Hal yang sama berlaku untuk kenaikan gaji tahunan Anda jika mendapatkannya di tempat kerja. Masukkan jumlah tambahan ke dalam tabungan untuk menumbuhkan sarang telur lebih cepat.

 2. Membuat Makanan di Rumah

Mungkin sulit menemukan energi untuk membuat makanan setelah hari yang melelahkan di tempat kerja. Mulailah dengan kebiasaan memasak di rumah, jika sering makan di luar, dan perlahan-lahan bangun niat itu. 

Jika itu tidak realistis, luangkan waktu pada hari Minggu untuk menyiapkan makan malam ringan untuk hari itu. Dengan cara ini Anda akan memiliki makanan yang siap untuk dibawa saat pulang kerja.

Hal yang sama berlaku untuk kopi. Membeli kopi setiap hari memang tampak seperti pengeluaran kecil, tetapi itu benar-benar membuat dompet tidak nyaman dalam jangka panjang. Memotong pengeluaran kecil ini dapat menambah penghematan pada tabungan agar cepat bertumbuh.

3. Buatlah Daftar Belanjaan Sebelum Pergi ke Toko

Jika pergi ke toko bahan makanan tanpa daftar atau saat lapar, Anda mungkin tergoda untuk membeli lebih banyak makanan daripada biasanya. Rencanakan terlebih dahulu apa yang diperlukan untuk beberapa hari. Ini berguna untuk menghindari mengambil barang tambahan yang tidak dibutuhkan. 

Daftar membantu memastikan Anda menghindari perjalanan dan godaan yang tidak perlu lagi. Dan, itu juga dapat membantu membuat persiapan makan lebih terjangkau.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tetapkan Batas Belanja

Biasakan untuk menghindari membeli barang secara impulsif. Jika mendapati diri menginginkan barang mahal di pusat perbelanjaan, tunggu satu atau dua hari dan lihat apakah Anda masih memikirkannya. Dan sementara itu, carilah promo untuk menghemat uang dalam pembelian.

5. Hentikan Tagihan Hiburan

Anda dapat dengan mudah melupakan tagihan bulanan yang berulang secara otomatis. Jika memiliki keanggotaan gym tetapi tidak pernah menggunakannya, mungkin ini saatnya untuk membatalkannya. Selain itu, jika memiliki TV kabel tetapi kebanyakan menonton film di aplikasi , lihat apakah masuk akal untuk membatalkan tagihan TV kabel itu. Menghilangkan biaya tambahan yang jarang digunakan dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam anggaran bulanan.

6. Gunakan Aplikasi Anggaran

Sangat mudah untuk mengeluarkan uang berlebihan saat kita tidak menetapkan batasan dan meminta pertanggungjawaban diri kita sendiri. Beberapa aplikasi dapat membantu melacak pengeluaran harian, mingguan, atau bulanan untuk melihat di mana Anda perlu mengurangi dan menerima saran yang dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan dan tujuan keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.