Sukses

Top 3: Tommy Soeharto Gugat Pemerintah Rp 56 Miliar

Artikel mengenai gugatan Tommy Soeharto ke pemerintah ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden ke-II Republik Indonesia Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau yang dikenal Tommy Soeharto, mengundang perhatian masyarakat. Hal ini lantaran dirinya menggugat pemerintah senilai Rp 56,67 miliar.

Mengutip laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (25/1/2021), gugatan tersebut disampaikan karena asetnya berupa tanah dan bangunan terkena gusuran proyek pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari.

Artikel mengenai gugatan Tommy Soeharto ke pemerintah ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada beberapa artikel yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Selasa 26 Januari 2021:

1. Tommy Soeharto Gugat Pemerintah Rp 56 Miliar Gegara Kantornya Digusur

Putra bungsu Presiden ke-II Republik Indonesia Soeharto, Hutomo Mandala Putra atau yang dikenal Tommy Soeharto, menggugat pemerintah senilai Rp 56,67 miliar.

Mengutip laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (25/1/2021), gugatan tersebut disampaikan karena asetnya berupa tanah dan bangunan terkena gusuran proyek pembangunan Jalan Tol Depok-Antasari.

Gugatan dengan nomor perkara 35/Pdt.G/2021/PN JKT.SEL tersebut didaftarkan pada 6 Januari 2021. Tommy menilai, hal yang dilakukan pemerintah telah melawan hukum.

Tommy menggugat setidaknya 5 pihak, yaitu:

Baca artikel selengkapnya di sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pertama dalam Sejarah, Investor Asing Lebih Pilih China Dibandingkan Amerika Serikat

Perusahaan atau investor asing berpaling dari Amerika Serikat. Kini, mereka memilih mengambil keuntungan dari ekonomi China yang berkembang pesat saat pandemi Covid-19.

Kondisi perekonomian China ini mendatangkan lebih banyak Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi asing langsung daripada negara lain. Bahkan China berhasil menggeser Amerika Serikat (AS) dari posisi teratas.

Dilansir CNBC, Senin (25/1/2021), China mendapatkan inflow atau dana masuk sebesar USD 163 miliar pada 202, atau tumbuh sebesar 4 persen.

Sedangkan investasi langsung di AS oleh perusahaan asing anjlok 49 persen menjadi USD 134 miliar. 

Baca artikel selengkapnya di sini

3 dari 3 halaman

3. Digugat Tommy Soeharto Rp 56 Miliar, Ini Pembelaan Pemerintah

Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto, putra bungsu Presiden ke-2 Republik Indonesia Soeharto menggugat pemerintah dan perusahaan swasta soal lahan dan bangunannya digusur untuk proyek jalan tol Depok-Antasari.

Tommy menggugat pemerintah, dalam hal ini Kementerian ATR/BPN, Kementerian PUPR dan Pemda DKI Jakarta. Menanggapi gugatan Tommy, Kementerian ATR BPN buka suara.

"Kami memandang langkah hukum yang dilakukan Pak Tommy wajar-wajar saja. Sebagai warga negara, beliau memiliki hak konstitusional untuk mendapatkan keadilan di pengadilan," ujar Staf Khusus Menteri ATR BPN Bidang Kelembagaan Teuku Taufiqulhadi saat dihubungi Liputan6.com, Senin (25/1/2021).

Taufiq melanjutkan, sebagai tergugat, pihaknya akan mengikuti seluruh langkah sebagaimana prosedur pengadilan yang berlangsung. Taufiq juga menekankan, pembebasan lahan untuk fasilitas umum selalu dilakukan dengan transparan dan profesional.

Baca artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.