DWP Kementerian ESDM Salurkan Donasi untuk Korban Bencana Alam

Oleh stella maris pada 22 Jan 2021, 19:49 WIB
Diperbarui 22 Jan 2021, 20:14 WIB
ESDM
Perbesar
ESDM.

Liputan6.com, Jakarta Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian ESDM menaruh perhatian besar atas berbagai peristiwa bencana alam yang melanda di berbagai wilayah Indonesia sepekan terakhir. Salah satu langkah yang diambil untuk meringankan beban masyarakat terdampak adalah dengan menyerahkan bantuan donasi internal pengurus DWP guna mendukung proses pemulihan dan emergency.

"DWP KESDM sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia merasa terpanggil dan peduli atas kejadian yang dialami oleh saudara-saudara kita yang saat ini sedang mengalami cobaan tersebut," kata Ketua DWP Kementerian ESDM Ivanna Ego Syahrial di Ruang Sarulla Gedung Chairul Saleh Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (22/1).

ESDM
Perbesar
ESDM.

Untuk itu, sambung Ivanna, seluruh elemen DWP Kementerian ESDM, baik penasihat, pengurus, unsur pelaksana, dan anggota berinisiatif melakukan penggalangan dana bantuan peduli korban bencana alam. "Dana terkumpul kami titipkan kepada dinas KESDM untuk kemudian diserahkan kepada BNPB sebagai garda terdepan dalam penanganan dan pemulihan korban becana alam," ungkapnya.

Mewakili pengurus DWP Kementerian ESDM, penyerahan bantuan diserahkan secara simbolis dari Wakil Ketua II Bidang Sosbud DWP KESDM Tini Rida Mulyana kepada Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Saleh Abdurrahman dan disaksikan oleh Penasehat DWP Kementerian ESDM Ratna Mirah Tasrif beserta seluruh pengurus DWP Kementerian ESDM melalui virtual Zoom meeting. Nantinya, bantuan ini akan disalurkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Saleh menegaskan, Kementerian ESDM serta DWP Kementerian ESDM selalu turut aktif terlibat dalam membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana alam. "Sesuai arahan Bapak Menteri ESDM, Tim Siaga Bencana ESDM secara aktif berupaya membantu korban bencana alam baik melalui tim rescue berupa bantuan logistik dan kesehatan," tegasnya.

Beberapa bantuan logistik dan kesehatan yang akan disalurkan, yaitu swab antigen 200 box, tenda pleton 4, masker 800 box, selimut 1.000 pcs, sembako 1000 paket, susu bayi 480 pcs, aqua 10.500 pcs, pembalut wanita 120 pcs, pampers 600 pcs, handsnitizer 336 pcs, dan vitamin C 200 box.

Sebagaimana diketahui, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 melanda pesisir barat Pulau Sulawesi, Indonesia pada tanggal 15 Januari 2021, pukul 02.28 WITA. Pusat gempa berada di 7 km timur laut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 km. Guncangan gempa bumi dirasakan di sebagain besar bagian barat Pulau Sulawesi hingga pantai timur Kalimantan. Di saat yang bersamaan, sebagian besar wilayah Kalimantan dilanda banjir.

 

(*)