Sukses

Bank Mandiri dan Grab Teken Kolaborasi Layanan Keuangan Digital

Bank Mandiri berkolaborasi dengan Grab dalam penyediaan layanan keuangan secara digital.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Mandiri berkolaborasi dengan Grab dalam penyediaan layanan keuangan secara digital. Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) secara virtual antara Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dan Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri, Aquarius Rudianto, Selasa 19 Januari 2021.

Dalam kerjasama ini, Bank Mandiri akan mengembangkan sejumlah produk dan layanan keuangan pada platform Grab sehingga dapat memberikan nilai tambah yang besar kepada mitra dan para pelanggan Grab, terutama pelaku UMKM.

Produk keuangan yang akan dikembangkan secara garis besar terkait dengan layanan pembayaran digital dan pembiayaan produktif secara digital.

Rico Usthavia Frans mengatakan, kerjasama ini sangat strategis karena melibatkan dua pihak dengan pemahaman bisnis dan keunggulan yang nyata di bidangnya masing-masing.

"Sinergi layanan ini akan melahirkan banyak peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan, terutama oleh pelaku UMKM dalam situasi penuh keterbatasan di masa pandemi ini," ungkapnya, Selasa (19/1/2021).

Dia menyebutkan, salah satu kolaborasi yang dilakukan adalah pengembangan sistem dan teknologi pembayaran, baik di platform aplikasi maupun jaringan merchant yang menjadi mitra bisnis Grab.

Rencananya, solusi pembayaran Bank Mandiri akan dapat diakses oleh mitra bisnis Grab. Seperti pembayaran melalui scan QR dan mandiri direct debit, melengkapi penerimaan kartu debit dan kartu kredit Bank Mandiri yang telah hadir terlebih dahulu di platform Grab.

"Di samping pembayaran, kerjasama ini juga nanti akan memungkinkan pelanggan Grab membuka rekening Bank Mandiri secara online serta melakukan top up e-money," kata Rico.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu UMKM

Sementara itu, melalui kerjasama strategis ini, Grab berkomitmen membantu perkembangan dan pertumbuhan sektor riil ekonomi nasional, terutama pelaku UMKM yang belum terjangkau oleh akses perbankan dan layanan keuangan.

Neneng Goenadi menyampaikan, Grab berupaya untuk terus menggerakkan ekonomi digital UMKM dengan menyediakan beragam layanan perbankan yang aman, nyaman dan mudah diakses.

"Kami percaya dengan memberdayakan UMKM kami akan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat yang lebih luas dalam mengakselerasi inklusi finansial dan pemulihan ekonomi di Indonesia," jelas Neneng.

Salah satu inisiatif yang dikembangkan adalah sinergi penyaluran pinjaman mikro kepada jaringan mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios. UMKM maupun pengusaha individu yang telah tergabung di dalam ekosistem Grab turut diberikan kemudahan dalam mengakses pembiayaan produktif secara digital dari Bank Mandiri melalui platform Grab.

Dalam produk ini, mitra merchant GrabFood dan agen GrabKios yang sudah bergabung sesuai kriteria dapat mengajukan permohonan pinjaman kepada Bank Mandiri. Produk pinjaman yang dapat diberikan kepada mitra merchant memiliki suku bunga yang bersaing dengan jumlah pengajuan hingga Rp 100 Juta.

Inisiatif lain yang rencananya akan dikembangkan yakni kerjasama keagenan branchless banking bagi mitra Grab, sehingga bisa memberikan tambahan penghasilan kepada mitra tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.