Sukses

Mau Buat Anggaran Bulanan? Ikuti Yuk 5 Langkah Mudahnya

Berikut ini beberapa cara yang bisa membantu Anda membuat anggaran bulanan.

Liputan6.com, Jakarta Membuat anggaran adalah salah satu langkah yang efektif untuk mengetahui seberapa banyak pemasukan serta pengeluaran setiap bulannya. Selain itu, cara tersebut pun merupakan langkah penting untuk mengatur keuangan.

Dengan menganggarkan pemasukan dan pengeluaran, nantinya akan memudahkan Anda untuk menyimpan uang.

Di sisi lain, membuat anggaran pemasukan dan pengeluaran terasa begitu sulit bagi sebagian orang. Padahal sebenarnya cara tersebut tidak sulit alias mudah.

Ada banyak situs web dan aplikasi penganggaran yang dapat Anda gunakan untuk membantu membuat anggaran bulanan.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi secara langsung kepada seseorang yang sudah profesional menangani masalah keuangan. Bahkan jika Anda ingin, Anda bisa membuat spreadsheet sendiri.

Melansir laman CNBC, Kamis (21/1/2021), berikut ini beberapa cara untuk membantu Anda membuat anggaran bulanan yang dinilai efektif.

1. Hitung penghasilan atau laba bersih per bulan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui berapa banyak pemasukan Anda setiap bulan. Hitunglah keuntungan bersih yang Anda dapatkan setiap bulannya. Menghitung pendapatan bersih itu berarti jumlah seluruh uang yang dihasilkan dikurangi pajak.

Jika Anda menerima gaji dari perusahaan, terlepas dari status bekerja paruh waktu atau penuh waktu, jumlah yang Anda dapatkan itu kemungkinan pendapatan bersih Anda.

Biasanya perusahaan akan segera memotong gaji jika Anda terdaftar dalam asuransi kesehatan atau akun pensiun dari perusahaan.

Namun, jika Anda seorang freelance atau wiraswasta yang tidak menerima gaji dari perusahaan, tentu Anda harus mengurangi penghasilan setiap bulannya untuk membayar pajak.

2. Buat daftar pengeluaran bulanan

Langkah selanjutnya setelah mengetahui berapa penghasilan per bulan, Anda harus menentukan apa saja pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulannya. Beberapa pengeluaran yang umum, di antaranya bayar sewa, bayar tagihan, asuransi, utilitas, kebutuhan anak, bahan makanan, transportasi, perlengkapan rumah tangga, dan lainnya.

Buatlah daftar pengeluaran serinci mungkin beserta besarannya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan denga pemasukan Anda yang didapatkan per bulannya. Jika sekiranya masih tersisa, Anda bisa memasukkan uang tersebut ke dalam tabungan, dana darurat, atau dana untuk pensiun.

 

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Beri label biaya dan urutkan berdasarkan kebutuhan

Setelah Anda menyusun segala pengeluaran bulanan, selanjutnya tuliskan besaran pengeluaran  tersebut. Kemudian, Anda perlu mengurutkan daftar kebutuhan dari yang paling penting.

Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan mana kebutuhan yang kira-kira dapat dan tidak dapat ditunda.

Anda harus bisa tegas untuk membatalkan kebutuhan yang sekiranya bisa ditunda tersebut. Prioritaskan mana yang seharusnya lebih penting.

4. Menentukan biaya bulanan rata-rata untuk setiap bulan

Setelah Anda merincikan pengeluaran, hitunglah berapa total uang yang jadi kebutuhan per bulannya. Dengan begitu Anda dapat melihat rata-rata pengeluaran atau perkiraan setiap bulan.

5. Sesuaikan pengeluaran dan pemasukan

Langkah terakhir dalam membuat anggaran bulanan adalah menyesuaikan pendapatan bersih dengan total pengeluaran bulanan Anda.

Perhatikanlah apakah kira-kira pemasukan Anda lebih besar dibandingkan pengeluaran atau justru sebaliknya pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan penyesuaian antar keduanya.

Jika pengeluaran terlihat lebih banyak, ada baiknya Anda lebih mengurangi lagi biaya pengeluaran per bulannya. Ketika Anda tetap memaksakan, hal yang ditakutkan adalah nantinya Anda bisa terkena tagihan.

Namun di sisi lain, jika pemasukan Anda masih tersisa, alangkah baiknya Anda bisa menyisikan uang untuk menabung, menyimpan dana darurat, atau bahkan untuk dana pensiun.

Cobalah beberapa cara di atas jika Anda ingin membuat anggaran bulanan. Perlu diingat bahwa jika Anda sudah membuat anggaran pemasukan dan pengeluaran, Anda harus selalu mematuhinya. Jangan sampai Anda sudah membuat anggaran tersebut, namun apa yang Anda lakukan tidak sesuai dengan rencana. Usahakanlah lakukan hal sesuai dengan rencana Anda tersebut.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.